4 Shares

star-wars-universe

 

Nenenenet… Nenenenet… Nenenenet… Nenenenet…. ada yang ingat lagu ini? Populer lho… Ini adalah lagu opening song-nya salah satu franchise populer sepanjang masa. Iya, ini adalah theme song dari Star Wars. Or at least, that’s how I hum the song. Oke, bisa dikatakan Star Wars merupakan salah satu franchise yang memiliki fanbase yang cukup kuat dan cukup berpengaruh dalam industri perfilman. Kepopulerannya bukan hanya terbatas dari film saja, namun juga sudah malang melintang di industri komik, game, animasi, serta toy line yang tidak akan cukup dihitung pakai jari tangan satu RT.

Namun terlepas dari kepopulerannya, dan kontroversi sepanjang masa antara bagusan mana franchise ini dengan Star Trek, terdapat beberapa hal yang mungkin terlepas dari pengetahuan Xplorers. Saya akan coba mendata 10 fakta yang mungkin belum diketahui dan cukup mengasyikan.

1. “I Have A Bad Feelings About This”

Quote ini merupakan salah satu quote populer yang berasal dari film. Dan selain “Luke, I am your father”, quote di atas tadi merupakan salah satu quote populer dalam film Star Wars, yang diucapkan dikeseluruhan 6 film Star Wars. Dan dapat dipastikan akan diucapkan juga di 3 film barunya.

1

 

2. ‘N Sync tampil di Star Wars

Mungkin ini adalah salah satu fakta yang benar- benar bisa bikin shock anak- anak Star Wars. George Lucas mengizinkan band-nya Justin Timberlake ini untuk tampil cameo di film Attach of The Clones karena desakan dari putrinya. Sebelum akhirnya George Lucas sadar, dan memotong adegan tersebut dalam versi akhir filmnya. Phyuuuhhhh….

2

 

3. Qui- Gon Jinn Dan Pisau Cukur Komunikatornya

Dalam Attack of The Clones, aktor Liam Neeson menggunakan alat komunikator yang sangat canggih, yang nampak sekali jelas terbuat dari Gillette Ladies Sensor Excell Razor yang dilapisi bahan resin. Aneh juga ya. Kemana- mana bawa pisau cukur, tapi malah buat telepon- teleponan. Gak heran bewoknya panjang banget.

3

 

4. Darth Vader Dilarang Hadir Di Acara Star Wars

Setiap survey akan siapa karakter terfavorit dalam franchise Star Wars, hasil akan menyebutkan Darth Vader. Vader juga dianggap sebagai salah satu breakthrough villain, yang artinya karakter antagonis yang lebih populer dibandingkan karakter protagonisnya. Bahkan saking populernya prequel trilogy memfokuskan kepada kisahnya. Tapi sayangnya, salah satu pemerannya, David Prowse dilarang untuk hadir di acara- acara resmi Star Wars. Alasannya? Kata George Lucas dia nyebelin.

4

 

5. Blockade Runner Nyaris Jadi Millennium Falcon

Kapal Blockade Runner yang tampil di dalam A New Hope menggunakan disain asli dari Millennium Falcon, sebelum akhirnya kapal Han Solo tersebut menggunakan disain yang dikenal hingga saat ini.

5

 

6. E.T. Satu Universe Dengan Star Wars

Salah satu adegan dalam The Phantom Menace menampilkan alien yang menjadi karakter utama dalam film E.T.: The Extra- Terrestial. Hal ini menjadi balasan atas tampilnya Yoda dan mainan Star Wars dalam film tersebut. Dan merupakan lambang persahabatan Lucas dan Steven Spielberg. Alien tersebut dikenal sebagai Asogian yang tinggal di planet Brodo Asogi.

6

 

7. Ada Apa Dengan Bulan Mei?

Jika ditelusuri, 6 film pertama Star Wars dirilis di USA pada bulan Mei. (25 Mei 1977, 17 Mei 1980, 25 Mei 1983, 19 Mei 1999, 16 Mei 2002, dan 19 Mei 2005). Apa alasannya? Simple. Karena George Lucas lahir tanggal 14 Mei 1944. Baru The Force Awakens, yang merubah kebiasaan tersebut dengan rilis di penghujung tahun 2015.

7

 

8. Naskah Star Wars Ditolak Terus

Seorang visioner bernama George Lucas menuliskan ide untuk membuat sebuah space opera yang dapat membuat penonton bernostalgia akan film- film sejenis semacam Flash Gordon dan Buck Rogers. Namun film yang diadaptasi secara bebas dari karya Akira Kurosawa berjudul The Hidden Fortress. Berbagai macam studio, seperti United Artist dan Universal menolak mentah- mentah naskah tersebut. Sebelum akhirnya jatuh di tangan Fox, dengan syarat Lucas merubah beberapa poin di naskahnya, sehingga menjadi sebuah film berjudul Star Wars.

8

 

9. Revenge of The Jedi

Judul asli episode 6 adalah Revenge of The Jedi sebelum akhirnya diganti menjadi Return of The Jedi. Bahkan di berbagai materi promosi, termasuk poster dan trailer sudah menggunakan judul tersebut. Lucunya lagi, ketika masih menggunakan judul yang lama, salah satu film Star Trek tadinya akan menggunakan judul The Revenge of Khan, sebelum akhirnya diganti menjadi The Wrath of Khan.

9

 

10. Kemunculan Trio Berandal

Salah satu trivia yang paling membanggakan adalah kemunculan trio pesilat/ aktor asal Indonesia yang sempat main bareng dalam film The Raid 2: Berandal dalam seri ketujuh, The Force Awakens. Mereka akan memerankan geng Kanjiklub yang diceritakan di awal kisah akan memiliki kapal Millennium Falcon sebelum akhirnya direbut kembali oleh Han Solo. Yayan Ruhiyan dikabarkan akan menjadi Tasu Leech, pimpinan Kanjiklub. Iko Uwais akan memerankan Razoo Qin Fee, letnan Kanjiklub sekaligus tangan kanan Tasu. Cecep Arief Rahman akan memerankan salah satu anggota geng. Dan sudah dikonfirmasikan kalau ketiganya akan memiliki mainan minifigures-nya sendiri. Ini berarti mereka akan menjadi orang Indonesia pertama yang dibuatkan minifigures-nya. (dnf)

10

4 Shares