8 Shares

Easter Egg adalah sebuah pesan tersembunyi yang biasanya ditemukan dalam sebuah media- media, baik berupa film, buku, komik, atau juga video game. Ilustrator komik DC asal Indonesia, Ardian Syaf, gemar sekali memasukkan easter egg khas Indonesia di dalam komik- komik karyanya. Seperti poster berisikan kampanye salah satu calon gubernur Jakarta, nama perusahaan minyak nasional, ataupun warung tenda khas Indonesia.

Easter Egg  hunt banyak digemari oleh para fans ataupun penikmat suatu hobi, karena menemukan Easter Egg, memiliki keasyikan tersendiri, layaknya menemukan telur paskah yang tersembunyi.

Kebanyakan Easter Egg muncul karena faktor kesengajaan. Tapi ada juga yang muncul karena “kecelakaan produksi” namun menjadi sebuah trivia tersendiri bagi yang menemukannya.

Sehubungan dengan perayaan 75 tahun Batman yang jatuh pada tahun ini, Moviexplorers akan mencoba untuk membuat 10 macam Easter Egg yang berhubungan dengan Batman Universe yang bisa ditemui di dalam film.

1. Commission by Bob Kane

Di dalam satu adegan dalam film Batman, karakter Alexander Knox, diberikan sebuah sketch kemungkinan tampilan Batman oleh salah seorang artis. Di dalam gambar tersebut terlihat jelas signature dari sang pencipta Batman, Bob Kane.

Bob-Kane

 

2. R for Robin

Karakter John Blake bisa dikatakan adalah wujud personifikasi seorang Robin bagi seorang Batman. Christopher Nolan yang sudah menyatakan bahwa tidak akan ada Robin dalam film- film Batman karyanya dengan cerdas mengingkari perkataannya tersebut dalam karakter John Blake. Blake tumbuh di panti asuhan dan dekat dengan seorang pendeta, sebagai referensi dari Jason Todd. Bagaimana dengan sendirinya dia mengetahui Bruce Wayne adalah Batman mengambil referensi dari Tim Drake. Dan pekerjaan polisi yang ditekuninya sama dengan yang ditekuni oleh Dick Grayson.

Selain itu wujud pengingkarannya adalah dengan kemunculan logo Robin dari huruf R tulisan Rogues di adegan pertandingan American Football yang dibajak oleh Bane.

Robin

 

3. Wanna Watch Spider- Man 3 in Gotham?

Proses syuting film The Dark Knight dilakukan sekitar tahun 2007, tahun yang sama di mana film Spider- Man 3 diputar. Di salah satu adegan ikonik yang memperkenalkan sosok The Joker dari belakang, tampak di latar belakang terlihat poster Spider- Man 3. Hal ini dirasa begitu lucu, mengingat Christopher Nolan, adalah seseorang yang perfeksionis, sehingga seharusnya untuk masalah sepele seperti ini tidak akan terjadi. Batman berasal dari kubu DC. Spider- Man dari kubu Marvel. Trivia atau crossover di antaranya hanya bisa kita saksikan di komik saja. Mungkin minimal 100 tahun lagi baru crossovcer di antara keduanya bisa terjadi di dalam film.

 

Spiderman-3

 

4. They Are Under The Same Mask

Topeng yang dikenakan oleh The Joker berupa badut bermuka muram adalah salah satu benda ikonik yang merchandise- nya menjadi incaran para fans untuk dikoleksi. Namun tidak banyak yang mengetahui, bentukan topeng tersebut menjadi sebuah tribute tersendiri untuk kemunculan The Joker pertama kali di serial Batman versi Adam West dalam episode berjudul “The Joker is Wild”.

jokers

 

 

5. Heath Ledger Was Here

Heath Ledger sempat tampil sebagai cameo di film The Dark Knight. Gak kok. Saya gak salah ketik. Bukan sebagai The Joker, tapi sebagai salah satu tamu di acara makan malam di mana untuk pertama kali Bruce Wayne bertemu dengan Harvey Dent secara fisik.

9A2

 

6. B-A-T-M-A-N on Batman Begins Soundtrack

Hans Zimmer sebagai pemegang tanggung jawab untuk mengangkat mood penonton lewat musik- musik gubahannya di trilogi The Dark Knight. Zimmer menggunakan kata- kata dalam bahasa latin sebagai judul musik- musik pengiring tersebut. Coba lihat. Jika huruf pertama dari track 4-9 diurutkan apa bunyinya?

Hans Zimmer

 

7. The World’s Finest

Ternyata Warner Bros telah cukup lama memiliki ambisi untuk memfilmkan Batman vs. Superman sebelum akhirnya keduluan kubu lawan yang meng-cross over jagoan- jagoannya lewat film The Avengers. Berikut ini 2 film yang setidaknya memiliki easter egg yang berhubungan dengan film Batman vs. Superman.

I Am Legend

I Am Legend

 

Salah satu episode Fringe

Fringe

 

8. Flaming Bat

Dalam sebuah adegan di film The Dark Knight di mana wajah Harvey Dent terbakar, sekilas nampak pola yang timbul oleh api berbentuk logo Batman.

Dent-Flaming-Bat

 

9. Hail to Burton

Batman: Animated Series dipercaya sebagai serial animasi Batman, bahkan serial animasi DC, yang pernah ada. Diinspirasi dari film Batman dan Batman Returns arahan sutradara Tim Burton. Selain dari tone-nya yang Gothic serta dark, salah satu gadget Batman, yang kelak dipakai di dalam versi komik, grappling gun, juga pertama kali muncul di film Batman arahan Tim Burton. Untuk menghargai Tim Burton, seorang karakter informan bernama Twitch muncul di episode “Off Balance” dengan karakteristik mirip Tim Burton. Dan pihak produserpun telah mengakui. Dia adalah Tim Burton.

Burton-cameo

 

10. The Rogues Gallery

Meskipun Christopher Nolan hanya menggunakan villain yang bisa dihitung jari di triloginya, namun demi untuk memuaskan para penggemarnya dengan memberikan easter egg yang berhubungan dengan villain- villain yang tidak ditampilkan. Karakter John Daggett adalah perwakilan sosok karakter Clayface, di mana di dalam versi komik Rolland Daggett adalah seorang pengusaha kosmetik yang membuat kosmetik Renuyu yang kelak akan merubah Matt Hagen menjadi Clayface. Lalu ada karakter Basad, tangan kanan Bane yang dipercaya diamini oleh tim produksi sebagai perwakilan karakter Deadshot. Lalu ada beberapa line yang sedikit banyak membuat para fanboy tersenyum karena menyinggung sedikit tentang karakter Mr. Freeze dan Killer Croc. Dalam satu adegan ketika tiba- tiba Bruce Wayne kembali ke kota Gotham, Fox berkata “so you’ve come out of your cryo-sleep.” Lalu ketika diketahui di saluran pembuangan air kota Gotham bersembunyi para teroris yang dipimpin oleh Bane, John Blake menanyakan sesuatu perihal isu buaya raksasa yang berkeliaran di saluran air kota Gotham.

 

11. The Probable Next Villains

Setiap akan dibuat sekuel dalam trilogi The Dark Knight, para fans komiknya selalu berspekulasi tentang karakter penjahat yang akan ditampilkan di film berikutnya. Padahal sudah ada beberapa hint yang dilempar oleh Nolan akan karakter musuh yang dibawa di film berikutnya.

Di dalam film Batman Begins, ketika Bruce Wayne pura- pura mabuk untuk mengusir para tamu dia sempat memanggil para tamu dengan sebutan “two-faced friends”. Lalu di ending dengan jelas ditunjukan kartu joker. 4 tahun kemudian, The Joker dan Two- Face menjadi villain di The Dark Knight.

Di dalam film The Dark Knight, ketika Bruce Wayne meminta Lucius Fox untuk membuatkan armor yang anti gigitan anjing, Fox menjawab dengan kalimat “should do fine against cats.” 4 tahun kemudian Catwoman menjadi villain di The Dark Knight Rises. Khusus untuk karakter Bane memang didak dibuatkan hint di film The Dark Knight karena konon kabarnya karakter ini terpilih akibat kematian Heath Ledger, yang seharusnya menerukan perannya menjadi The Joker di film The Dark Knight Rises. (dnf)

 

8 Shares