0 Shares

Selama ini kamu mungkin hanya kenal drama Korea, tapi sebenarnya film Korea dari genre nondrama pun banyak yang mantap! Berdasarkan data dari riset, 7 dari 10 orang—utamanya perempuan kisaran usia milenial—terpapar demam Korean Wave. Gejalanya dapat terlihat dari penampakan fisik mereka yang berusaha tampil—melalui tatanan fisik atau busana—mengikuti suri tauladan mereka—bisa dari kalangan aktor, aktris, atau personel grup musik yang lumrah disebut boyband atau girlband—dari negeri Korea belahan selatan.

Jika sudah terpapar virus Korea, umumnya tindak-tanduk, perangai, dan gaya seseorang akan terpengaruh. Mereka yang sudah terpapar virus Korea umumnya didiagnosis doyan drama. Wajar saja, soalnya komoditas ekspor yang paling laku dari Korea Selatan—selain ragam karya dari industri musik—adalah serial dan film dramanya. Namun, agar kalian mahfum, sebenarnya ada banyak film dari Korea nondrama yang punya alur cerita dan kualitas garapan yang mantap jiwa. Buat kamu yang enggak suka drama, tapi ingin terpapar virus budaya populer Korea, kepoin terus artikel ini karena di bawah ini ada daftar film-film ciamik dari Korea Selatan yang minim bumbu romansa cinta-cintaannya.

 

  1. Oldboy (2003)

Film karya Park Chan Wook, yang dirilis tahun 2003 ini dan mengawali keharuman namanya kini, sudah banyak mendapat apresiasi terbukti dari banyaknya penghargaan yang tersemat pada Oldboy. Kerennya lagi, film ini pun sampai dibikin versi Hollywood-nya, sayangnya kami enggak saranin kamu untuk tonton versi Hollywood-nya karena tidak sebagus versi orisinalnya. Selama nonton film ini kamu siapkan banyak air buat minum karena alurnya yang cepat, jalinan ceritanya yang rumit, dan suguhan aksi keren dan sadisnya bisa bikin kamu ngos-ngosan sambil mengernyit dahi.

  1. Okja (2017)

Joon-ho Bong adalah salah satu sutradara film terbaik asal Korea Selatan. Beberapa filmnya kerap menggaet nama-nama aktor atau aktris beken dari Hollywood. Misalnya saja Okja, di film ini ada Hilda Swinton, Jake Gylenhall, Steven Yeun, dan Paul Dano yang menunjukkan kualitas akting kelas wahid. Saking mantapnya, film ini bisa menyerang psikologi kamu dan membuat kamu untuk mempertimbangkan jadi seorang vegan. Selain itu, keindahan alam Korea juga terekspos dengan teramat indah di sini, kamu pasti jadi pingin booking pesawat ke korea. Kalau iya, buruan buka Traveloka dan booking dari sana!

  1. Along With The Gods (2017)

Meskipun sebenarnya film ini ditayangkan menjadi 2 bagian, sebenarnya film yang diadaptasi dari serial komik webtoon ini proses shooting-nya diambil dalam satu produksi. Film karya sutradara Kim Yong-hwa ini mengisahkan para malaikat pencabut nyawa yang mengawal arwah seseorang dan menuntunnya untuk mendapat pengadilan tuhan. Intinya, kalau kamu lagi butuh pencerahan dan semangat buat menjalani hidup, tonton deh film penuh kontemplasi ini!

  1.  A Taxi Driver (2017)

Film yang diangkat dari sebuah peristiwa bersejarah Korea Selatan ini enggak boleh kamu lewatkan. Di film karya Jang Hoon ini kentara banget bahwa Kang-Ho Song—aktor kawakan Korea Selatan—ini aktingnya juara banget. Dari film ini, kamu bisa dapat gambaran betapa suram Korea Selatan di tahun 1980, pembunuhan presidennya kala itu membuat rezim militer berkuasa dan membuat demokrasi sirna. Nah, film ini menggambarkan perjuangan para warga Korea Selatan, khususnya di daerah Gwangju, untuk meraih demokrasi.

  1. The Wailing (2016)

Film horor yang ini dijamin bisa bikin kamu terteror secara mental dan terus kepikiran. Enggak mengandalkan jump scare, tapi film karya Na Hong-jin ini bisa kamu takut sekaligus takjub di akhir. Intinya, kamu harus nonton film ini kalau otak kamu mau dapat tantangan dan butuh kerja keras. Para tokohnya abu-abu, sebagaimana manusia menjalani hidup, dengan alasan dan latar belakang yang berbeda-beda, manusia bisa saja merasa benar dalam tiap perilakunya.

Nah, silakan deh kamu tonton rekomendasi di atas. Selesai nonton, mudah-mudahan kamu punya anggapan baru soal film Korea dan enggak hanya mengecap bahwa film-film dari negeri Ginseng hanya pengucur air mata semata.

0 Shares