0 Shares

Pride film still

Film yang mengangkat tema LBGT, Pride mendominasi penghargaan British Independent Film Awards dengan membawa pulang tiga penghargaan, termasuk Film Terbaik.

Film yang diangkat berdasarkan kisah nyata para aktivis gay dan lesbian di Inggris selama tahun 1980-an ini menuai banyak pujian, terutama kepada para pemerannya, Imelda Staunton dan Andrew Scott.

Lawan main Staunton di film Harry Potter, Brendan Gleeson dan Gugu Mbatha-Raw juga meraih penghargaan untuk kategori aktor dan aktris terbaik untuk peran mereka sebagai Calvari dan Belle.

Sementara itu, Richard Linklater juga menerima penghargaan untuk filmnya, Boyhood yang dinobatkan sebagai Best International Independent Film dimana Linklater mendedikasikan filmnya tersebut untuk salah satu inspirasinya, pembuat film asal Inggris, Lindsay Anderson.

Penghargaan sutradara terbaik diberikan kepada Yann Demange. Sementara skenario terbaik jatuh kepada penulis skenario film Frank, Jon Ronson dan Peter Straughan.

Penghargaan khusus diberikan kepada aktris veteran Emma Thompson oleh Richar Harris sebagai penghargaan atas kontribusinya di perfilman Inggris. (gtr)

0 Shares