0 Shares

Banyak yang setuju film tentang makanan bisa memberikan kesenangan tersendiri. Selain menyentuh lewat kisah yang ada, tampilan makanan yang diperlihatkan di sepanjang film juga bakal memanjakan panca indera. Apalagi, saat ini kamu bisa dengan mudah menikmati film berkualitas lewat aplikasi atau nonton langsung di tv kabel. Tidak usah pusing juga saat mengurus tagihan TV karena kamu bisa bayar tv kabel dengan mudah, bahkan sambil nonton maraton beberapa film sekaligus. Berikut adalah 6 film tentang kuliner yang siap membuat perutmu keroncongan.

  1. Jiro Dreams of Sushi (2011)

Kamu doyan makan sushi? Jika iya, maka kamu wajib nonton film satu ini. Dikemas dalam format dokumenter, Jiro Dreams of Sushi menceritakan Jiro Ono, pemilik restoran bergelar 3 bintang Michelin Sukiyabashi Jiro yang hanya memiliki kapasitas 10 pengunjung.

Sepanjang film, kamu akan disuguhkan dengan cerita hangat dari perjalanan hidup Jiro Ono yang lahir di tahun 1925 hingga akhirnya membangun Sukiyabashi Jiro. Kamu juga akan melihat bagaimana proses detail pembuatan setiap sushi, mulai dari pemilihan bahan baku yang dibeli langsung hingga saat disuguhkan kepada pembeli.

  1. Julie & Julia (2009)

Saat jenuh dengan rutinitas, hal paling menyenangkan adalah kembali membangun potensi diri lewat hobi terpendam. Inilah premis manis dari film Julie & Julia yang dibintangi Amy Adams dan Meryl Streep. Amy Adams memerankan Julie, pegawai yang sudah lelah dengan pekerjaan. Berkat dorongan semangat dari sang suami, ia mulai merancang proyek mandiri: membuat blog memasak selama 365 hari, dengan lebih dari 500 masakan yang diambil dari buku resep Mastering the Art of French Cooking karya koki Julia Child.

Dari film ini, kamu bakal disuguhkan dengan banyaknya menu masakan yang dibuat Julie di dapur kecilnya. Mulai dari lobster, sayuran panggang, hingga cake coklat yang menggoda. Berbagai eksperimen seru dalam memasak juga ditunjukkan di sini, membuktikan bahwa memasak dengan hanya mengikuti resep dalam buku bukanlah hal yang mudah.

  1. Tampopo (1985)

Film ini dibintangi oleh Tsutomu Yamazaki, Ken Watanabe, dan Nobuko Miyamoto. Berkisah tentang Goro dan Gun, dua supir truk susu yang belajar membuat semangkuk ramen lezat bersama seorang janda bernama Tampopo yang kebetulan pemilik restoran ramen. Tampopo resah karena persaingan bisnis dengan restoran ramen lain membuat restoran miliknya sepi pengunjung. Ia juga kesulitan menciptakan kuah kaldu yang enak. Pertemuannya dengan Goro dan Gun pelan-pelan membuat restorannya kembali ramai dengan cara tidak biasa.

Selain lawas, Tampopo banyak menampilkan adegan satir dan juga sindiran lucu soal formula yang ada dalam film produksi barat. Tidak cuma itu, penampilan aktor Ken Watanabe saat masih muda bakal mencuri perhatianmu. Lewat film Tampopo, kamu bakal memandang semangkuk hangat mi ramen dengan cara yang berbeda.

  1. Chef (2014)

Nggak cuma sukses menggarap 2 film Iron Man, Jon Favreau juga berhasil mengangkat film tentang makanan yang keren lewat Chef. Film ini digarap, disutradarai, dan ditulis langsung naskahnya oleh Jon Favreau sendiri. Tidak cuma itu, ia juga berperan sebagai pemeran utama bernama Carl Casper, seorang kepala koki kreatif yang masakannya tidak berkembang karena terus disetir oleh sang pemilik restoran, Riva (diperankan Dustin Hoffman). Berkat rayuan maut mantan istri (Sofia Vergara), Carl mulai membangun usaha sendiri, menjual makanan khas Kuba lewat truk makanan sambil berkeliling Los Angeles hingga New Orleans.

Dari film Chef, kamu bakal disuguhkan riuhnya suasana dapur restoran hingga lezatnya makanan yang dibuat. Tiap masakan disorot lewat angle yang menarik sehingga membuatmu tergiur. Jangan nonton dalam keadaan perut kosong karena kamu bakal tersiksa!

  1. The Hundred-Foot Journey (2014)

Apa jadinya saat masakan India yang ‘berani’ dibawa ke Perancis, negara yang terkenal dengan hidangan fine dining serba apik? Inilah inti cerita yang ditampilkan dalam A Hundred-Foot Journey. Datang sebagai imigran, Hassan (Manish Dayal) dan keluarganya tinggal di desa kecil daerah Occitanie, Perancis selatan, lalu membuka restoran dengan nama Maison Mumbai. Perselisihan muncul karena 100 kaki dari Maison Mumbai terdapat restoran fine dining bergelar bintang Michelin yang dimiliki warga lokal, Madame Mallory (Helen Mirren).

Di sepanjang film, kamu bakal disuguhkan dengan indahnya kebudayaan India lewat kekayaan kulinernya serta betapa simpelnya makanan Perancis yang selalu mengedepankan kualitas bahan baku. Tidak cuma itu, kehangatan yang diperlihatkan di keluarga Hassan juga bakal membuatmu semakin kangen rumah.

  1. A Touch of Spice (2003)

Film asal Yunani ini bakal membuatmu tercengang karena kisahnya yang disisipi obrolan filosofis dan sedihnya dampak perselisihan politik antara Yunani dan Turki di masa lalu. Terasa berat? Tidak juga, karena film ini justru sangat indah ditonton sampai menit terakhir.

Diceritakan dengan format flash back, A Touch of Spice mengisahkan profesor astronomi yang mahir memasak bernama Fanis Lakovidis (Georges Corraface) dan berkarier di Yunani. Mendapat ‘panggilan’ dari sang kakek yang sudah tua dan sakit-sakitan, Fanis pulang ke Turki, negara kelahirannya. Tak disangka, di sana ia bertemu Saime yang menjadi cinta pertamanya saat masih berumur 7 tahun.

Lewat film ini, kamu bakal disuguhkan hubungan filosofis antara makanan dan kepribadian manusia. Lezatnya hidangan khas Yunani dan Turki, serta eratnya hubungan keluarga besar si tokoh utama juga bakal menghiburmu dengan cara yang manis.

 

Mencari hiburan yang praktis kini semakin mudah dilakukan, termasuk menonton film sesuai pilihan. Selain film di atas, masih banyak judul film lain yang mengangkat makanan sebagai tema besar. Pastikan kamu menonton dengan ditemani makanan atau camilan agar perutmu tidak keroncongan, ya.

 

0 Shares