2 Shares

url

1. Pada awalnya Captain America diciptakan untuk sebagai simbol patriotisme dan kedigdayaan Amerika Serikat. Ini terbukti meskipun memakai nama “America” namun musuh awal yang dihadapinya adalah NAZI. Bahkan cover pertamanya menampilkan gambar sang Cap meninju Adolf Hitler

1

Namun Captain America sempat hilang rasa patriotismenya dan hilang kepercayaannya terhadap Amerika Serikat lebih dari sekali. Pada tahun 70-an, Cap mengganti kostum dan namanya menjadi Nomad. Hal ini bentuk dari sikap Marvel terhadap skandal Watergate pada saat itu.

Lalu pada tahun 90-an, sekali lagi Cap hilang kepercayaannya terhadap pemerintahan dan menghilangkan simbol patriotisme di namanya. Saat itu Captain America hanya dipanggil dengan sebutan The Captain.

Pada event Civil War, Cap yang memimpin pasukan superhero anti Super- Human Registration Act (SHRA).

 

2. Meskipun dilahirkan oleh dua legenda komik, Joe Simon dan Jack Kirby, dan tidak memiliki andil apa- apa dalam proses kelahiran Captain America, namun Stan Lee tetap menjadi cameo di film Captain America: The First Avenger.

Padahal, Stan Lee hanya tampil cameo di film- film adaptasi komik yang karakter utamanya diciptakan hasil buah pemikirannya. Kalau kita perhatikan si opa satu itu tidak tampil cameo di film Ghost Rider dan The Punisher manapun karena memang bukan dia yang menciptakan.

Hal ini dikarenakan meskipun tidak berjasa dalam melahirkannya, namun Stan Lee cukup berjasa sehingga Captain America menjadi salah satu super hero favorit Marvel sampai saat ini.

 

3. Namun kreasi pertama Stan Lee sendiri adalah sebagai pengisi teks di Captain America #3 yang diterbitkan tahun 1941.

a1

 

4. Meskipun memiliki judul Captain America: The First Avenger, tapi sebenarnya Cap bukanlah termasuk anggota awal The Avengers. Anggota awalnya adalah Thor, Iron Man, The Hulk, Ant- Man, dan Wasp. Cap baru muncul di edisi ke-4.

a

5. Captain America memang memilki banyak fans dan memiliki pengaruh yang cukup besar. Salah satunya di permainan World of Warcraft. Salah satu Paladin Class Attacks adalah “Avengers Shield”. Serangan ini berisi Paladin yang melempar perisai ke setiap musuh. Goblin dan Dwarf pun tidak bisa selamat dari serangannya. Kalau kita lihat nama dan bentuk perisainya udah Captain America banget.

avengers_shield-214x300

 

6. Bentuk awal perisai Captain America bukanlah bundar dan bisa dilempar. Namun berbentuk seperti gambar di bawah ini.

r

 

7. Captain America adalah salah satu superhero populer Marvel yang lahir bahkan sebelum Marvel berdiri. Bersama dengan Black Widow, Angel, Sub-Mariner, dan Vision, Captain America pertama kali diterbitkan oleh Timely Comics. Sebuah penerbit komik yang menjadi cikal bakal Marvel Comics.

Pada saat itu sang pemilik, Martin Goodman memiliki strategi di mana menerbitkan komik dan majalah yang diterbitkan menggunakan beberapa perusahaan bayangan yang memiliki kantor dan staff yang sama. Kumpulan komik dan majalan tersebut disebut sebagai Marvel Comics. Lambat laun Marvel Comics resmi dipakai menjadi nama perusahaannya hingga sekarang ini.

 

w

8. Captain America adalah superhero Marvel pertama yang difilmkan. Pada tahun 1944, sebuah serial Captain America dibuat dengan banyak perubahan- perubahan. Captain America dalam serial ini adalah seorang jaksa wilayah bernama Grant Gardner. Lawannya bernama The Scarab dan memiliki kekasih sekaligus sidekick bernama Gail Richards.

aaa

 

9. Captain America adalah salah satu dari sedikit karakter Marvel yang dipercayakan untuk bisa memegan palu mjolnir.

o

 

10. Dalam versi komik, perisai Captain America terbuat dari campuran bahan Vibranium dan Adamantium. Namun dalam versi film tidak disebutkan tentang Adamantium untuk menghindari referensi dengan Wolverine yang hak filmnya dimiliki oleh Fox.

 

2 Shares