0 Shares

Kamis (5/10), telah berlangsung Press Conference dari “Beyond Skyline”, film Hollywood terbaru Iko Uwais yang siap rilis di Indonesia pada 1 November 2017. Iko sendiri hadir dan berbagi cerita tentang film tersebut bertempat di XXI Lounge Plaza Indonesia.

“Bersyukur banget setelah syuting film ini. Filmnya sendiri sudah selesai sekitar 3 tahun yang lalu. Disini saya dipercaya oleh Liam O’Donnell untuk mengurus choreography fight scene dalam “Beyond Skyline”. Disini saya berperan sebagai Sua, seorang tentara bawah tanah asal Laos. Settingnya sendiri bertempat di Laos sesuai naskah yang saya baca” ungkap Iko.

Ia menuturkan choreo yang dibuatnya sangat specific. “Ini alien lawan manusia jadi saya membuat choreonya spesifik sekali. Saya harus melihat tinggi dan postur si Alien. Di lokasi syuting, suit-actor Aliennya menggunakan sejenis leg extention agar terlihat besar dan tinggi” lanjutnya.

Yang menarik, sang sutradara Liam O’Donnel menginginkan adanya adegan fight Alien vs Alien. Adapun alasan Liam memilih Iko diungkapkan langsung oleh Iko. “Liam sudah lihat The Raid dan saya langsung diajak. Liam ingin choreo dalam filmnya ada sedikit style ala The Raid”, ungkapnya.

Kesulitan dirasakan Iko tentang dialog Inggris yang harus diucapkannya dengna menggunakan aksen Asia. ” Saya jujur masih harus banyak belajar. Saya harus mempelajari beberapa kosakata dalam bahasa Laos di beberapa scene. Syutingnya sendiri ada di dua lokasi yakni Batam (studio) dan Yogyakarta (Candi Prambanan)”, ucapnya.

Iko melanjutkan berbagi pengalamannya bekerjasama dengan aktorĀ  Frank Grillo. ” Frank sudah punya basic Boxing dan sudah lihat The Raid. Ia bertanya kepada saya apa basic beladiri dalam The Raid, saya jawab Silat. Frank banyak bertanya ke saya seperti “kalau gua begini mukulnya gimana, kalau cara nendangnya begini gimana” dan saya langsung praktekkan dengannya.

Iko juga mengatakan bahwa Liam O’Donnell sang sutradara memberikannya waktu hanya 1 minggu untuk mendesain seluruh choreo fight scene dan 2 minggu untuk melatihnya bersama para cast seperti Bojana Novakovic dan aktris asal Singapura, Pamelyn Chee. ” Nanti ada adegan fight antara Bojana vs Pamelyn”, ucapnya.

Ditanya mengenai peran Yayan Ruhian dalam film ini, Iko menjawab bahwa Ia berperan sebagai kompetitor dari pasukan bawah tanah yang dipimpin oleh Sua. “Dibilang temen bukan, dibilang musuh juga… pokoknya nonton filmnya saja”, ujarnya.

Iko juga bercerita tentang cedera yang dialami oleh Frank Grillo. “Tadi sudah saya bilang kalau Frank basicnya Boxing. Kita semua tahu klo Boxing itu pukulnya full power. Jadi waktu latihan dengan saya, dia mengeluarkan pukulan dan tendangan ke arah saya dan saya terus memasang pose bertahan dan menepis semua pukulan dan tendangannya. Di Instagram Frank, dia pernah kasih lihat foto lebamnya.” ucapnya.

Ternyata selain lebam, Grillo juga cedera Hamstring,Xplorers. Tinggal menanti tanggapan penonton ketika “Beyond Skyline” rilis di Indonesia 1 November 2017 di Cinema XXI/21.

0 Shares