0 Shares

~ I know who I am. I remember everything. Remembering everything doesn’t mean you know everything ~

jason_bourne_international_poster_1200_1616_81_s
Sinopsis

Ingatan Jason Bourne yang hilang kembali muncul. Meski perlahan namun tak lagi samar. Jason Bourne yang diburu CIA karena sebelumnya berhasil menguak ‘Black Operations’ Blackbriar dan Treadstone terpaksa menyembunyikan diri dan bertahan hidup sebagai petarung di Yunani.

Nicky Parsons, yang juga diburu CIA masih penasaran dengan ‘Black Operations’ dan membuat dia berani meretas dokumen rahasia CIA tersebut. Nicky menemui Jason Bourne untuk menyampaikan tentang fakta lain yang ditemukannya dalam dokumen rahasia itu. Aksi Nicky Parsons meretas dokumen rahasia itu dari Islandia ini ternyata diketahui CIA. Direktur Cyber CIA, Heather Lee melaporkan hal ini ke Dewey yang merupakan atasannya. Dewey pun memberi perintah ke anak buahnya dan juga asetnya yang saat itu masih berada di Roma untuk memburu Nicky Parsons dan Jason Bourne.

jasonbourneheader
Review:

Masih ingat saat Matt Damon menolak untuk tampil dalam The Bourne Legacy karena sang sutradara sekuel The Bourne sebelumnya, Paul Greengrass tak terlibat? Saat itu Matt Damon berujar bahwa tanpa Paul Greengrass, film The Bourne tak akan sama.
Setelah 9 tahun, akhirnya mereka berdua (Paul dan Damon) kembali bersatu dalam sekuel kelima The Bourne yang diberi judul Jason Bourne. Damon tak hanya menjadi pelakon utama, namun dia bersama Paul dan Christopher Rouse sebagai penulis naskahnya.

Penantian 9 tahun para penggemar Bourne yang merindukan aksi Matt Damon sebagai Jason Bourne, mantan agen CIA ini rasanya cukup terbayar. Ciri khas Paul dalam 3 sekuel film sebelumnya (The Bourne Identity, The Bourne Supremacy dan The Bourne Ultimatum) kembali muncul dalam Jason Bourne. Adrenalin penonton terus terpacu hingga akhir. Pukulan, adu strategi saat menghindar dari pengejaran tersaji dari awal higga akhir film.

jasonbourne0002

Jika tidak mengikuti sekuel The Bourne sebelumnya, penonton mungkin agak sedikit meraba jalan cerita kenapa Bourne diburu CIA dan bertanya ada apa dengan Bourne yang berusaha untuk mengembalikan ingatannya, terlebih karena Paul Greengrass hanya singkat menjelaskannya di awal cerita.

Akting para pelakon juga patut diapresiasi. Selain Matt Damon yang memang sudah lekat dengan perannya sebagai Bourne, ada Tommy Lee Jones sebagai Robert Dewey, Vincent Cassel sebagai aset, Julia Stiles (Nicky Parsons) dan tentunya kehadiran Alicia Vikander sebagai Heather Lee.

Film penuh aksi yang menyajikan teknologi masa kini, aksi kejahatan dunia maya, adu strategi, intrik politik adalah sajian yang memang relevan dengan kondisi dunia sekarang.

Meski tak seperti The Bourne Ultimatum yang unggul dalam banyak hal soal penyajian, rasanya Jason Bourne 2016 ini tak bisa dibilang mengecewakan. Banyak kisah yang mampu menggugah hati di sini. Penasaran???

skor 7.5/10

0 Shares