0 Shares

 

Bertepat di Atrium Plasa Senayan pada Hari Minggu, tanggal 18 Agustus 2019; diadakan pengumuman beberapa judul proyek film dari Jagat Sinema Bumilangit beserta jajaran pemeran yang sudah terpilih. Sekilas tentang Bumi Langit, adalah publisher komik lokal Indonesia yang memiliki khasanah jagoan- jagoan legendaris alias superhero Indonesia dari komik yang telah terbit dan menjadi idola dari jaman dulu. Sebut saja macam; Gundala, Godam, dan Si Buta dari Goa Hantu.

Jika ingin mendapatkan gambaran tentang proyek ini bayangkan saja ada proyek Marvel Cinematic Universe tapi yang berasal, ditangani, diolah oleh orang- orang Indonesia. Adapun arsitek dan juga creative producer dari shared universe ini adalah Joko Anwar, sutradara yang telah menghasilkan banyak karya yang cukup sukses. Sebut saja macam Pengabdi Setan, Modus Anomali, dan Janji Joni. Menurut beliau, Jagat Sinema Bumilangit adalah perpanjangan dari jagat cerita yang sudah dihadirkan di dalam komik.

Adapun Jagat Bumilangit ini dimulai dari Letusan Toba 75.000 SM. Terbagi menjadi empat era, yaitu: Era Legenda, Era Jawara, Era Patriot, dan Era Revolusi. Untuk fase satu yang akan bermuara pada film Patriot di tahun 2025 ini akan terbagi menjadi 2 era. Jawara dan Patriot.

Sebagai arsitek, Joko Anwar telah menciptakan benang merah dari cerita keseluruhan dan pengembangan karakter yang nantinya akan diteruskan dan dikreasikan lebih lanjut oleh masing- masing sutradara yang menangani. Adapaun untuk fase 1 ini setidaknya sudah ada 7 judul film yang telah diumumkan dan tidak menutup kemungkinan akan tambah lagi. Yaitu: Gundala, Sri Asih, Godam dan Tira, Si Buta dari Goa Hantu, Patriot Taruna, Gundala Putra Petir, Mandala Golok Setan, dan Patriot. Yang nantinya tidak menutup kemungkinan akan muncul cameo dari karakter superhero yang meskipun belum memiliki judul film stand alone-nya.

Berikut ini adalah jajaran cast yang telah diumumkan:

Abimana Aryasatya sebagai Gundala

Chicco Jerikho sebagai Godam

Pevita Pearce sebagai Sri Asih

Chelsea Islan sebagai Tira

Tara Basro sebagai Merpati

Asmara Abigail sebagai Desti Nikita

Hannah Al Rasyid sebagai Camar

Kelly Tandiono sebagai Bidadari Mata Elang

Joe Taslim sebagai Mandala

Vanesha Prescilla sebagai Cempaka

Della Dartyan sebagai Nila Umaya

Ario Bayu sebagai Ghani Zulham

Bront Palarae sebagai Pengkor

Lukman Sardi sebagai Ridwan Bahri

Daniel Adnan sebagai Tanto Ginanjar

Tatjana Saphira sebagai Mustika Sang Kolektor

Zara JKT48 sebagai Virgo

Dian Sastrowardoyo sebagai Dewi Api

Nicholas Saputra sebagai Aquanus

 

Lho… Si Buta mana? Film sudah diumumkan tapi kok gak ada cast nya? Menurut produser dari Screenplay Pictures, Wicky V. Olindo, memang ada beberapa cast yang belum diumumkan, termasuk Si Buta dan musuh bebuyutannya Si Mata Malaikat. Tapi meski belum diumumkan, kita- kita sih udah bisa nebak ya siapa yang bakal meranin. Proyek ambisius ini akan dimulai dari rilisnya film Gundala tanggal 29 Agustus 2019 besok. (dnf)

0 Shares