1 Shares

deepwater_horizon_ver8

“The choice right now is burn or jump!”- Mike Williams

Satu hal yang selalu dianggap remeh dalam dunia pekerjaan,terutama pekerjaan yang cukup beresiko adalah mengenai standarisasi perawatan berkala serta prosedur keselamatan para pekerjanya. Entah karena ingin menekan biaya operasional, lebih mementingkan profit atau justru menganggap semua akan baik-baik saja, hal ini sudah cukup sering dilakukan para pelaksana maupun pengelola lapangan pekerjaan tersebut. Dan hasilnya tanpa mereka ketahui adalah nyawa para pekerjanya yang menjadi korban.

deepwater-horizon-2

April 2010. Amerika tidak akan pernah melupakan bulan tersebut karena dibulan itulah terjadi peristiwa minyak paling buruk sepanjang sejarah Amerika Serikat “Deepwater Horizon” yang merupakan sebuah kilang minyak yang terletak di Teluk Meksiko,Louisiana, USA yang memakan korban sebanyak 11 orang serta 17 pekerja lainnya mengalami luka bakar serius. Kisah nyata ini dibawa ke layar lebar lewat tangan Peter Berg yang kembali mengajak Mark Wahlberg untuk bekerjasama setelah keduanya terakhir terlibat dalam “The Lone Survivor”. Selain Wahlberg, aktor-aktris lainnya yang turut membintangi film ini adalah Kurt Russell, Gina Rodriguez, Dylan O’Brien, John Malkovich,Kate Hudson,Henry Frost, dan masih banyak lagi. Film ini sudah melakukan premiere di Toronto International Film Festival serta meraih kategori “Choice AnTEENcipated Movie Actor” pada Teen Choice Awards 2016 atas penampilan Dylan O’Brien.

deepwater-horizon

Mike Williams adalah seorang Chief Elec Technic di kilang minyak “Deepwater Horizon” yang sudah cukup tua usianya. Struktur kilang ini terlihat rapuh sampai harus dilakukan pengecekan semen yang menahan tekanan dari bawah laut. Namun, British Executive Donald Vidrine dengan arogannnya meminta para pekerja untuk menyelesaikan pemindahan lumpur dari kilang tersebut. Naas, pemindahan tersebut malah membuat kilang tersebut meledak dan melukai banyak pekerja termasuk Mike. Bersama para sesama pekerja seperti Jimmy Harrell, Andrea Fleytas, dan Caleb Holloway, mereka semua kini berada dalam situasi hidup-mati didalam kilang minyak Deepwater Horizon yang mulai hancur tersebut.

REVIEW:

deep-water-horizon-4

Nampak jelas mengapa kami memberi pengantar mengenai keselamatan pekerja. Peter Berg dengan tangan dinginnya membuat “Deepwater Horizon” layaknya sebuah cermin dimana perusahaan hanya mementingkan keuntungan tanpa memikirkan para pekerjanya dan Donald Vidrine yang diperankan oleh John Malkovich berhasil membuat emosi penonton naik melihat sikapnya. ┬áMark Wahlberg (Mike Williams) benar-benar memperlihatkan aktingnya sebagai seorang pekerja yang memiliki rasa solidaritas dan seorang leader bagi para pekerja ditengah bencana. Wahlberg memperlihatkan bahwa sekalipun orang biasa tetap dapat ebrada dalam situasi yang sangat kritis. Yang menjadi sorotan kami adalah set kilang minyak Deepwater Horizon yang megah. Menyaksikan film ini dalam format IMAX membuat kami dapat melihat jelas detail-detail dari bawah laut dimana pipa yang menyokong kilang ini terlihat sangat kokoh. Dan ketika penonton sampai pada adegan ledakan, Peter Berg membuat aura film ini menjadi lebih “thrilling” dan menegangkan didukung oleh visualisasi ledakan kilang minyak tersebut yang membuat penonton tidak bisa menahan nafas mereka sepersekian detik dan bernafas lega. Sang sutradara sendiri ikut terlibat dalam film ini (coba temukan dia). Socring dari Steve Jablonsky makin menambah dramatisnya film ini yang dikemas dengan ending yang “tear-jerking” oleh Berg.

Diakhir film, pastikan untuk tidak meninggalkan kursi untuk melihat epilog mengenai kehidupan Mike Williams,Jimmy Harrell dan Andrea Fleytas beserta footage ketika mereka memberikan testimoni dalam sidang setelah kasus Deepwater Horizon diiringi OST bernuansa country “For The Love of Money” yang ditutup dengan foto kesebelas korban meninggal akibat bencana minyak paling buruk yang membuang 210 juta galon unsur alam tersebut ke teluk Meksiko. Overall, semoga film ini dapat lebih meningkatkan perusahaan untuk lebih memikirkan keselamatan pekerjanya,bukan sekedar mencari keuntungan besar.

4,5/5

 

1 Shares