1 Shares

erased-indo-poster

“Words. If it comes out finally from our mouth, it feels like it soon becomes real”-Fujinuma Satoru

Setiap orang pasti memiliki masa lalu yang secara tidak langsung berhubungan erat dengan dirinya ketika tumbuh dewasa. Terkadang banyak orang yang ingin kembali ke masa lalu hanya untuk mencegah apa yang tidak perlu terjadi. Kebanyakan dari kita pasti memiliki masa lalu yang kelam,bukan? Bagaimana jika kalian dapat kembali ke masa lalu untuk mengubah masa depan?

Moxienotion-Encore Film Indonesia akhirnya memuaskan kembali penonton film Jepang di Indonesia dengan menayangkan “Boku Dake Ga Inai Machi”/ Erased yang diadaptasi berdasarkan manga best-selling karangan Kei Senbe. Dibintangi oleh Tatsuya Fujiwara, Kasumi Arimura,Mitsuhiro Oikawa, Yuriko Ishida, Tetta Sugimoto,Tsubasa Nakagawa, Rio Suzuki, Kento Hayashi,Seiji Fukushi dan Tamae Ando. Disutradarai oleh Yuichiro Hirakawa dengan naskah yang ditulis oleh Noriko Goto. Film ini sudah rilis 19 Maret 2016 di Jepang.

earsed-4

Tahun 2006. Seorang pemuda yang berprofesi sebagai mangaka sekaligus bekerja paruh waktu di Oasi Pizza bernama Fujinuma Satoru menyadari dirinya memiliki kemampuan yang disebut “pengulangan” untuk kembali ke momen dimana sebuah kejadian mengancam nyawa seseorang dan Ia dapat mencegahnya terjadi. Suatu malam, ibunya, Sachiko Fujinuma ditemukan tewas dengan luka tusukan di rusuknya. Satoru yang panik menjadi buruan pihak keamanan setempat karena dicurigai sebagai pelakunya. Ditengah kegelisahannya, “pengulangan” tersebut tiba-tiba membawa Satoru kembali di tahun 1988, saat umurnya 11 tahun. Saat itu, terjadi kasus penculikan dan pembunuhan yang menewaskan tiga teman sekolah Satoru masing-masing bernama Hinazuki Kayo (11), Nakanishi Aya (11) dan Hiromi Sugita (11). Satoru mulai menyadari adanya kemungkinan pelaku pembunuh ibunya adalah pelaku yang sama dalam kasus 18 tahun yang lalu tersebut sehingga Satoru bertekad untuk melindungi Kayo dari pelaku.

Berhasilkah Satoru mengungkap pembunuh dari kasus 18 tahun yang lalu yang juga sudah membunuh ibunya?

REVIEW:

 

erased

Salah satu hal yang memancing para fans untuk menyaksikan adaptasi anime yang mereka sudah nantikan adalah kesesuaian cerita dan ending yang sama persis dengan aslinya. Namun sutradara Yuichiro Hirakawa berani mengambil resiko dengan membuat akhir yang berbeda dengan versi manga dari “Boku Dake Ga Inai Machi” dan hasilnya jauh terlihat lebih dramatis dan mampu membuat penonton mengurai air mata. Alur ceritanya sendiri cukup baik dan ada beberapa momen yang cukup emosional bagi para penonton terutama yang sudah menonton anime ataupun membaca manganya. Tatsuya Fujiwara dan Kasumi Arimura tampil baik sebagai Satoru umur 29 tahun dan Airi Katagiri,rekan kerja Satoru. Namun yang mencuri perhatian justru datang dari Tsubasa Nakagawa yang memerankan Satoru umur 11 tahun. Ia mampu memperlihatkan sikap layaknya anak SD yang baru belajar sesuatu. Tidak hanya itu, film ini juga mengandung banyak pesan terkait isu sosial seperti kekerasan terhadap anak sampai waspada terhadap orang yang tak dikenal. Ost dari Chise Kanna “Hear ~Shinjiaeta Akashi” makin membawa penonton larut di ending apalagi jika penonton mengerti arti liriknya yang cukup dalam dan berhasil menggambarkan film ini. Akhirnya, jagalah orang yang kalian cintai apapun caranya meskipun harus mengorbankan diri kalian.

4/5

 

 

 

 

1 Shares