0 Shares

“Don’t be afraid, GOD is with US !”-Moses

Exodus-_Gods_and_Kings_7

Tahun 2014 ini ada 2 film yang mengangkat cerita dari Alkitab/Bible, yakni NOAH yang disutradarai Darren Aronofsky serta Exodus : Gods And Kings yang disutradarai Ridley Scott yang sudah terjamin kualitasnya lewat “Gladiator”. Berbicara mengenai Musa, tokoh yang satu ini sudah berkali-kali mendapatkan adaptasi, baik itu layar lebar ataupun serial televisi. Pertama adalah “The Ten Commandments” (1956, kemudian diremake ulang pada 2006 (Miniseries) dan 2007 (Animasi). Animasi serupa juga nampak dalam “Prince Of Egypt” (1998) yang OSTnya “When You Believe” menjadi trending sampai saat ini. Namun, kali ini tentu kalian bertanya-tanya, seperti apakah versi kisah Nabi Musa garapan Ridley Scott ini,bukan ?

Sebagai pemeran Musa , terpilihlah Christian Bale dan untuk peran antagonis Ramses ,dipilihlah Joel Edgerton. Sederet nama beken turut menghiasi film berdurasi 150 menit ini. Sebut saja John Turturro, Aaron Paul, Sigourney Weaver sampai Sir Ben Kingsley turut ambil bagian.

Bersetting tahun 1300 B.C, Musa dikisahkan bersaudara dengan Ramses. Mereka sama-sama menjadi panglima perang Mesir. Namun, di saat itu, bangsa Israel sedang diperbudak untuk bekerja dibawah Ramses yang melanjutkan tahta ayahnya sebagai Firaun. Singkat kata setelah mengetahui rahasia besar dari Musa, Ramses mengasingkan Musa bersama ibunda dan kakak perempuannya, Miriam. Musa yang diasingkan mulai menyadari bahwa bangsanya sedang menderita dibawah kekuasaan Ramses. Musa pun berbalik untuk melawan Ramses sekaligus membebaskan bangsanya dari perbudakan Ramses.

Berhasilkah Musa ?

REVIEW :

JIka harus membandingkan antara NOAH dengan film ini, kami lebih memilih menikmati “Exodus :Gods And Kings”. Meskipun lagi-lagi ada hal yang lari baik itu dari Alkitab ataupun Al-Quran, tetap saja, “Exodus : Gods And Kings” lebih logis bahkan sangat jauh unggul ketimbang “NOAH”. Satu hal yang mendukung keunggulan film ini adalah visual effect yang dapat dikatakan masuk skala “EPIC”. Visualisasi 10 Tulah yang diperlihatkan mampu membuat penonton merinding. Belum lagi scoring dari Alberto Iglesias yang cukup menambah nuansa ala Mesir yang klop dengan tiap scene, termasuk ketika scene perang. Christian Bale tidak perlu diragukan lagi. Aktingnya sebagai Musa cukup baik , terutama dalam hal perubahan wataknya yang cukup memainkan emosi penonton.

Apakah film ini Kolosal ? ya, tentu saja, Ridley Scott tahu bagaimana cara membuat penonton masuk ke dalam situasi yang dramatis. dengan scene battle yang cukup dramatis tentunya, dijamin kalian akan puas menyaksikannya

Overall , “Exodus : Gods And Kings” dapat dikatakan lebih baik dari NOAH, namun ada kalanya bagi sutradara Hollywood jika ingin kembali mengadaptasi kisah dari Alkitab, masukkanlah unsur unsur ikoniknya.

3,5/5

“Exodus : Gods And Kings” sedang tayang di Cinema 21/XXI-IMAX, blitzmegaplex dan Cinemaxx Theater

0 Shares