15 Shares

kimi-no-nawa-indo-poster

“Wherever you may end up in this world, I will be searching for you.””- Tachibana Taki

Director: Makoto Shinkai

Seiyuu: Mone Kameshiraishi, Ryunosuke Kamiki, Nobunaga Shimazaki, Kanon Tani,Sayaka Ohara, Etsuko Ichihara,Aoi Yuuki,Masami Nagasawa, Kaito Ishikawa,Ryou Narita,Kana Hanazawa

Pernah bermimpi menjadi seseorang yang kita inginkan? terkadang hal tersebut terjadi bukan karena disengaja melainkan sudah ada musubi/ikatan/koneksi antara kita dengan orang tersebut. Meski tidak mengenalinya, sekali saja sudah bertatapan akan membuat kita mengingat wajah orang tersebut. Lantas, bagaimana jika orang yang kita mimpikan tersebut kita jalani kehidupannya?

joi-kimi-no-na-wa-pemeran-pembantu

Makoto Shinkai. Sutradara yang dikenal lewat karya-karya animasinya seperti “5 Centimeters per Second” (2007),” Children Who Chase Lost Voices” (2011), The Garden of Words (2013) ini kembali membuat sebuah prestasi yang cukup fenomenal sampai terdengar ke Indonesia. Karya terbarunya kali ini berjudul Kimi no Na wa/Your Name ketika dirilis di Jepang pada 26 Agustus 2016 berhasil bertahan selama 12 minggu berturut-turut. Tidak hanya itu, pendapatan film ini saat review ditulis sudah masuk daftar film Jepang terlaris sepanjang masa di peringkat 3. Bahkan dari LAFCA (Los Angeles Film Critic Association, film ini dinobatkan menjadi “Best Animation”. Bukan itu saja, ketika sudah dirilis di China pun, “Your Name” juga berhasil menduduki peringkat 1.

kimi-no

Seorang siswi SMA yang tinggal di daerah Itomori bernama Miyamizu Mitsuha yang tinggal bersama Yotsuha, adiknya dan Hitoha ,neneknya merasa jenuh dengan kehidupannya yang sekarang sampai Ia berharap dapat menjadi seorang remaja laki-laki yang tampan. Sedangkan di Tokyo, ada seorang remaja laki-laki bernama Tachibana Taki yang selain bersekolah juga melakukan pekerjaan part-time sebagai waiter di sebuah restoran Italia bersama kawan-kawannya yakni Tsutomu Fuuji, Okudera Miki, dan Takagi Masahiro. Suatu malam ketika komet Tiamat yang setiap tiga tahun datang mendekati Bumi, jiwa mereka berdua berpindah. Mitsuha yang dihuni jiwa Taki dan Taki yang dihuni jiwa Mitsuha. Keduanya membawa sebuah perubahan bagi hidup masing-masing sampai akhirnya sebuah peristiwa membuat Taki berniat untuk menemui Mitsuha secara langsung.

Apakah Taki dapat bertemu dengan Mitsuha?

Bagaimana Mitsuha dan Taki menyesuaikan diri dengan kondisi yang tengah terjadi?

REVIEW:

yourname1-xlarge_transszcfqn3unbpwftcnoag4id2-jbwzxvzzoxj1wwzy6xk

Berdurasi 107 menit, Kimi no Na wa sudah dibuka dengan visual yang mendekati kenyataan. Panorama daerah Itomori yang ikonik dengan Danaunya yang sangat indah sudah membius penonton. Perkenalan kedua main castnya, Mitsuha dan Taki digambarkan dengan baik oleh Shinkai. Kekikukan,kelucuannya pas dalam membuat penonton tertawa. Alur dalam “Your Name” sendiri cukup cepat dibalut dengan 4 OST yang cukup mewakili isi cerita film dari band RADWIMPS mulai dari “Zen Zen Zense”, “Yume Tourou”, “Sparkle” (yang cukup membawa perasaan ,red) dan ending songnya “Nan Demonai ya” yang mengalun lembut dan cukup dalam arti liriknya. Di pertengahan film, penonton juga akan terus dibuat penasaran dengan apa yang terjadi pada Mitsuha setelah Taki berusaha menemuinya dengan pergi ke Itomori. Shinkai memang ahli meramu keromantisan. Ditengah fenomena supranatural yang menjadi inti dalam film ini, Ia sanggup menciptakan momen intim antara Taki dan Mitsuha yang terjalin cukup hangat bahkan ada beberapa yang meneteskan air mata.

Cinta menembus ruang dan waktu. Pepatah ini bukan isapan jempol belaka. Apa yang diperlihatkan Shinkai dalam “Your Name” menjadi bukti sahih bahwa cinta bisa menembus dimensi meskipun orang tersebut jauh di hadapan kita.

5/5

 

15 Shares