9 Shares

Powerful men don’t have to be cruel.”-Joe Coughlin

Dalam menjalani hidup,kita dihadapkan pada banyak situasi serta kemungkinan. Manusia terkadang berpikir pendek dalam mengambil tiap tindakan dalam situasi atau kemungkinan tertentu tanpa memikirkan apa konsekuensi yang akan didapat jika kita melakukan A, B atau seterusnya. Bahkan terkadang kepribadian seseorang pun dapat berubah seiring situasi dan kemungkinan yang diambilnya tersebut.

Terakhir menyutradarai ARGO yang cukup mengejutkan banyak khalayak atas kemenangannya dalam Academy Awards 2011, Ben Affleck kembali lagi duduk di kursi sutradara dan menjadi main cast dari “Live By Night” yang diadaptasi dari novel teribitan 2012 karangan Dennis Lehane. Affleck pula yang menulis screenplay atau skenarionya. Cast lain yang turut membintangi film bergenre crime-drama-noir ini diantaranya Brendan Gleeson, Sienna Miller,Elle Fanning, Chris Messina,Zoe Saldana,Matthew Maher,Robert Glenister,Remo Girone dan Chris Cooper.

Bersetting di antara tahun 1920 dan 1930, adalah Joe Coughlin, anak dari wakil inspektur kepolisian Boston, Thomas Coughlin yang juga merupakan veteran World War 1  lebih memilih menjadi seorang perampok bersama rekannya,Dion Bartolo. Ia jatuh cinta terhadap Emma Gould yang ternyata merupakan selir dari Albert White, pemimpin Irish Gang of Boston. White yang mengetahui hubungan terlarang Joe dan Emma pun menghajar Joe hingga babak belur bahkan Emma dibuat meninggal. Terbakar oleh rasa dendam, Joe bekerja untuk Maso Pescatore,rival dari White dan merintis jalan hidup sebagai seorang gangster yang sebenarnya tidak ia inginkan.

Akankah Joe bisa keluar dari jalan hidupnya yang kelam tersebut?

Berhasilkah Joe membalaskan dendamnya kepada Albert White?

REVIEW:

Seakan ingin memberi homage terhadap film-film bergenre crime drama bertema gangster ala noir sebelumnya, Ben Affleck menyajikan action sequence yang tidak tanggung-tanggung frontal dalam “Live By Night”. Aksi kejar-kejaran dengan polisi sampai adu tembak-tembakan dan pembunuhan yang sadis menjadi trademark yang mungkin akan membekas di benak penonton. Tidak hanya itu, intrik ala gangster mulai dari suap-menyuap rival sampai mencari pengaruh dari penduduk sekitar daerah kekuasaan tidak luput diperlihatkan Affleck. Meskipun begitu, tetap saja ada dialog yang mengundang tawa penonton lewat akting Affleck dan chemistrynya bersama Chris Messina yang memerankan Dion Bartolo. Sienna Miller sebagai Emma Gould cukup “mematikan” lewat aktingnya yang cukup sensual sedangkan Zoe Saldana sebagai Graciela mampu memberi sedikit warm atmosphere lewat aktingnya dan konflik yang dialaminya bersama Joe. “Live By Night” merupakan sebuah potret kehidupan seorang pria yang terpaksa memilih jalan hidup yang sebenarnya tidak ia inginkan. Sekalipun begitu, percayalah, Tuhan akan memberi kita kesempatan kedua untuk hidup yang lebih baik.

4/5

 

 

9 Shares