14 Shares

“You keep mention that incident. I’m okay!”-Gabriel Drummer

Perang. Apa yang pertama kali biasa kalian dengar mengenai satu kata ini? tembakan, ledakan, bahkan penghancuran dan penguasaan daerah menjadi fokus utama dari perang itu sendiri. Banyak diantara kita yang menyangka perang itu seru atau penuh aksi. Namun pernahkah kalian membayangkan para veteran dan tentara yang bertugas disana mengalami konflik ?

Setelah terakhir terlihat dalam “Fury” (2014), Shia LaBeouf kembali ke layar lebar dalam film bergerne drama-thriller bersetting militer “Man Down” yang disutradarai oleh Dito Montiel sebagai debut penyutradaraan layar lebarnya. Film ini sudah melangsungkan World Premierenya diĀ  72nd Venice International Film Festival section Horizon pada tanggal 6 September 2015 yang kemudian dirilis di Amerika pada 2 Desember 2016 oleh Lionsgate Premiere. Untuk Indonesia, Jive Entertainment kembali dipercaya menjadi distributornya. Cast lain yang turut membintangi Man Down diantaranya Jai Courtney,Gary Oldman,Clifton Collins Jr.,Charlie Shotwell dan Jose Pablo Cantillo.

Gabriel Drummer adalah seorang ayah dari keluarga Drummer yang beranggotakan Natalie dan Jonathan,anak mereka. Bersama Devin Roberts, sahabatnya , mereka masuk menjadi anggota pasukan angkatan laut militer Amerika yang kemudian dikirim ke Afghanistan. Sepulangnya dari berperang,Gabriel menemukan tempat tinggalnya sama dengan kondisi medan perang yang Ia lalui. Ia putus asa mencari keberadaan anak dan istrinya sampai bertemu seorang gelandangan bernama Charles yang diyakini memegang kunci dimana istri dan anaknya berada.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Akankah Gabriel kembali bertemu dengan Natalie dan Jonathan?

REVIEW:

Berdurasi 92 menit, alur Man Down sendiri cukup rumit dan terbilang bisa membuat penonton yang tidak terbiasa dengan film yang memakai alur ini merasa bosan. Pasalnya, penonton diajak melihat sosok Gabriel Drummer yang menjadi fokus dalam Man Down. Adegan perang masih disisipkan namun tidak terlalu banyak. Meskipun begitu, Dito Montiel cukup baik memperlihatkan apa yang sebenarnya tidak banyak orang ketahui dari peperangan. Shia LaBeouf yang berperan sebagai Gabriel Drummer benar-benar menjadikan comebacknya ini sebagai “one man show” nya. Shia mampu memperlihatkan sosok veteran tentara militer yang tertekan lewat ekspresi dan perubahan mimiknya. Shia juga mampu meramu chemistry dengan Kate Mara yang berperan sebagai Natalie Drummer,istrinya. Keduanya memperlihatkan keromantisan yang akan membuat pasangan lain iri. Rasa brotherhood pun turut tercermin lewat chemistry LaBeouf dengan Jai Courtney yang berperan sebagai Kopral Devin Roberts. Courtney sendiri cukup menjadi sosok penghibur dalam Man Down dan mampu bertindak tegas dengan prinsip “shoot first, ask question later”nya. Kredit juga ditujukan kepada Gary Oldman sebagai Counsleor Peyton yang sanggup menguras emosi penonton lewat pertanyaannya yang cukup membuat konflik dalam karakter Gabriel Drummer itu sendiri.

Pada akhirnya, Man Down bukan sebuah film perang, melainkan sisi gelap dan efek dari perang itu sendiri. Mungkin ada benarnya juga slogan “Stop War,Make Peace” sebab di akhir film ini akan terpampang fakta mengejutkan yang dijamin akan mengubah pandangan penonton terhadap perang dan mungkin mereka tidak mau lagi melihat peperangan sebagai sekedar ajang untuk menduduki wilayah dan membunuh.

4/5

 

14 Shares