38 Shares

“Ada kalanya kita semua jenuh dengan sikap Hendra. Tapi, Hendra adalah titipan Tuhan yang SPESIAL bagi keluarga kita”- Mama Angel.

1OcojSDJ

Keluarga adalah harta paling berharga dalam hidup. Tentu setiap dari kitaberharap bisa hidup bahagia tanpa salah satu anggota keluarga kita mengalami perbedaan. Lantas, apa jadinya jika hal itu benar-benar terjadi ? Siapkah kita menerima dia ? Apakah kita akan memperlakukan dirinya dengan baik atau malah menjauhi dan bersikap tidak sepantasnya kepada dia ?

Siapa yang tidak mengenal Agnes Davonar ? penulis yang terkenal lewat novel “Surat Kecil Untuk Tuhan” yang juga sidah difilmkan pada tahun 2011 sekaligus menjadi Box Office #1 pada tahun tersebut sudah banyak menulis novel-novel lainnya yang juga sudah difilmkan seperti “Gaby Dan Lagunya” (2010) ,”My Blackberry Girlfriend”(2011), “Ayah,Mengapa Aku Berbeda ?” (2011) dan “My Last Love” (2012). Berawal dari cerita pendek yang kemudian berubah menjadi blog online hingga masuk artikel di rubrik Kompasiana , satu lagi novel karangan Agnes Davonar yang berjudul “My Idiot Brother” dijadikan film layar lebar sekaligus merupakan yang ke enam kalinya. Dibintangi oleh pendatang baru Ali Mensan- Adilla Fitri, “My Idiot Brother” juga dibintangi Aaron Shahab, Kimberly Ryder, Cindy Fatikasari, Donny Kesuma, dan penampilan khusus dari Merry Riana, Motivator yang cukup terkenal.

Disutradarai oleh Alyandra, mengisahkan seorang gadis remaja bernama Angel yang tidak bisa menerima keadaan Hendra, kakaknya yang memiliki keterbelakangan mental. Namun, ketidaksempurnaan Hendra dibuktikan dengan kebaikan dirinya kepada Angel. Konflik mulai terjadi ketika Angel bertemu Agnes di sekolah barunya yang mengejek Hendra. Angel malu dan mulai bersikap kasar terhadap Hendra. Masalah makin rumit ketika sekolah Angel kedatangan Aji, seorang murid pindahan. Agnes yang merasa Angel adalah saingannya dalam merebut hati Aji makin berulah menghina-hina Hendra. Dan puncaknya ketika Angel mengalami kecelakaan, Hendra melakukan sebuah tindakan yang mungkin akan membuat Angel merasa bahwa selama ini ia dijaga dan sangat disayangi oleh Hendra.

Apa yang dilakukan Hendra untuk menyelamatkan Angel ?

REVIEW :

Pepatah “don’t judge a book by its cover” berlaku untuk film ini. Judul film yang sama dengan novelnya mungkin akan menimbulkan pro dan kontra dikarenakan kata “idiot” tidak boleh digunakan. Namun sutradara Alyandra menyajikan “My Idiot Brother” sebagai sebuah drama keluarga yang hangat dan mengharukan. Dari awal film, penonton sudah mulai merasakan emosi dari karakter Angel yang diperankan dengan baik oleh Adilla Fitri. Sekedar info, Adilla sendiri memiliki kakak bernama Andhika yang karakteristiknya sama dengan karakter Hendra di film ini yang diperankan dengan penuh penjiwaan oleh Ali Mensan. Tidak sia-sia Ali melakukan observasi ke SLB selama 3 bulan, akting nya sebagai Hendra sangat meyakinkan penonton dengan keluguan dan tingkah agresifnya. Kimberly Ryder yang berperan sebagai Agnes cukup sukses menjalankan peran antagonis pertamanya. Kimberly cukup berhasil memainkan emosi penonton lewat aktingnya. Film ini semakin dramatis dengan OST dari Afgan -Untukmu Aku Bertahan yang sesuai dengan inti dari film ini. Setiap liriknya terkesan mengharukan dan penonton pun tanpa sadar mengeluarkan air mata.

Overall, ” My Idiot Brother ” merupakan sebuah tontonan penuh pesan moral mengenai keluarga dan bagaimana kita semestinya bersikap kepada salah satu anggota keluarga yang mengalami kasus seperti Hendra. Faktanya, anak-anak berkebutuhan khusus masih mendapat perlakuan kurang mengenakkan dari masyarakat. Sebaiknya setelah menonton film ini, kita mulai menyadari bahwa ketidaksempurnaan seseorang akan terlihat sempurna dengan cinta. Sebab ada pepatah yang mengatakan “setiap anak dilahirkan dengan talenta khusus”, bukan ? Jadi, ubahlah persepsi kalian ketika bertemu mereka yang berkebutuhan khusus dan perlakukan mereka layaknya kita yang sehat dan normal.

9,5/10

My Idiot Brother Tayang 2 Oktober 2014 di blitzmegaplex dan Cinema 21/XXI

38 Shares