7 Shares

“I pray but I am lost. Am I just praying to silence?”- Father Sebastiao Rodrigues

Bicara soal Agama, tentu ada misi yang diemban dalam tiap agama yang kita anut. Contoh yang paling mudah adalah agama Katolik dimana Isa Almasih/Yesus Kristus menyebarkan ajaran Katolik  kepada para penduduk di kota yang Ia datangi. Realitanya, agama  Katolik sekarang ini terbilang kaum minoritas. Mungkin kita bertanya sebagai umat Katolik: Apakah iman yang kuanut ini cukup kuat? ataukah justru kesunyian yang hinggap di hatiku?

Martin Scorsese kembali lagi dalam sebuah film bergenre drama sejarah yang diadaptasi dari novel karangan Shusaku Endo “Silence” yang terbit pada tahun 1966. Film ini dapat dikatakan sebagai remake dari versi tahun 1971 yang disutradarai oleh Masahiro Shinoda dan dibintangi David Lampton,Don Kenny dan Tetsuro Tamba. Untuk versi re-makenye sendiri, castnya adalah Andrew Garfield, Adam Driver,Liam Neeson, Tadanobu Asano,Ciaran Hinds,Issey Ogata,Shinya Tsukamoto,Yoshi Oida,Yosuke Kubozuka,Nana Komatsu,Ryo Kase dan Bela Baptiste.

Dua orang pastur muda asal Portugis, Father Sebastiao Rodrigues dan Father Francisco Garupe memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Jepang demi mencari keberadaan guru mereka yang juga pastur, Cristovao Ferreira yang kabarnya ditangkap para tentara Jepang. Bersama seorang nelayan mabuk bernama Kichijiro,Perjalanan keduanya untuk mencari sang guru sekaligus menyebarkan ajaran Katolik dimulai dari desa Tomogi. Namun para tentara Jepang tidak tinggal diam dan mulai mengejar Rodrigues juga Garupe. Konflik batin tentang iman mereka pun mulai dipertanyakan.

Apa yang akan terjadi dengan mereka?

Berhasilkah mereka menemukan Father Cristovao Ferreira?

REVIEW:

Berdurasi 161 menit, penonton akan dibawa masuk menelusuri Jepang era dimana Shinto (agama resmi Jepang) benar-benar kental auranya. Uniknya, meski setting film ini di Nagasaki,Jepang, lokasi syuting yang dipilih adalah Taiwan. Kembali ke pembahasan, “Silence” memperlihatkan sebuah realita dimana banyak orang mengaku memiliki Tuhannya, namun terkadang menganggap Tuhan yang mereka percayai meninggalkan mereka ketika terlibat dalam suatu masalah dan konflik. Andrew Garfield dan Adam Driver mampu memerankan sosok Rodrigues dan Garupe dengan baik. Konflik iman yang keduanya alami seakan membawa penonton untuk merenungkannya. Budaya Katolik sangat terlihat di dalam film ini mulai dari pemecahan hosti, pengakuan dosa dan salib. Shinya Tsukamoto yang berperan sebagai Mokichi benar-benar menunjukkan aktingnya. Tsukamoto mampu memperlihatkan apa yang sebenarnya dimaksud dengan mempercayai Tuhan. Sementara perwujudan sosok Yudas Iskariot nampak jelas dalam diri Kichijiro yang diperankan Yosuke Kubozuka. Kubozuka mampu membuat penonton merasa kesal lewat aktingnya yang terbilang cukup provokatif. Visualisasi Jepang tersebut nampak indah diperlihatkan oleh Cinematographer Rodrigo Prieto. Scoring yang dikemas sendu oleh Kim Allen dan Kathryn Kluge makin membuat “Silence” lebih menjadi sebuah refleksi batin spiritual.

4,5/5

7 Shares