0 Shares

southpaw_ver2

“I can’t lose my daughter. I’ll give you my everything.”-Billy Hope

Dilema terbesar yang selalu dialami seorang atlet adalah ketika orang terdekat mereka meminta sang atlet untuk pensiun atau berhenti meskipun Ia sedang menikmati kemenangan yang baru saja Ia rasakan. Terkadang banyak yang harus dikorbankan seorang atlet terutama untuk keluarganya seperti waktu, perhatian kepada anak bahkan mungkin harus siap menerima kritik tajam dari media jika ia mengalami kekalahan.

Dari sutradara “Training Day” dan juga “The Equalizer”, Antoine Fuqua, inilah karya terbarunya yang bergenre boxing-drama “Southpaw” dengan cast Jake Gyllenhaal,Forest Whitaker, Rachel McAdams, Curtis “50 Cent” Johnson,Miguel Gomez ,Rita Ora dan Oona Laurence. Film ini merupakan karya terakhir scoring dari mendiang James Horner yang telah meninggal dalam kecelakaan ketika Ia berada di pesawat terbang yang ia kemudikan beberapa bulan lalu.

Forest Whitaker and Jake Gyllenhaal star in a scene from the movie "Southpaw." The Catholic News Service classification is L -- limited adult audience, films whose problematic content many adults would find troubling. The Motion Picture Association of America rating is R -- restricted. Under 17 requires accompanying parent or adult guardian.(CNS photo/Weinstein) See MOVIE-SOUTHPAW July 22, 2015.

Billy “The Great” Hope (Gyllenhaal) adalah seorang petinju sekaligus juara kelas Light Heavyweight versi WBA,WBC dan WBO yang terkenal brutal dan ganas dalam menghadapi setiap lawannya di ring. Namun ,Billy juga adalah seorang ayah yang sangat lembut dan sangat menyayangi keluarganya yang terdiri dari Maureen (McAdams),istrinya dan anak perempuan mereka, Leila Hope (Oona Laurence). Namun sebuah tragedi merenggut nyawa Maureen dan seketika itu juga hidup Billy berubah. Semua yang dimilikinya hilang mulai dari rumah, mobil sampai anaknya Leila pun diserahkan kepada layanan perawatan keluarga. Billy yang tadinya enggan untuk kembali naik ring akhirnya mendatangi Wills Gym,tempat Tick Wills (Whitaker) melatih anak-anak yang masih pemula untuk belajar teknik-teknik tinju. Dan dengan bantuannya, Billy berniat untuk mendapatkan kembali apa yang telah diambil dari hidupnya,termasuk Leila.

(L-R) JAKE GYLLENHAAL and OONA LAURENCE star in SOUTHPAW  © 2014 The Weinstein Company. All Rights reserved. / Credit: Scott Garfield

Berhasilkah usaha dari Wills membantu Hope untuk kembali naik ring ?

Apakah Billy dapat kembali bertemu dengan Leila,anaknya?

REVIEW:

southpaw-gyllenhaal-and-whitaker-720x405

Antoine Fuqua kembali menghadirkan sebuah tontonan yang penuh dedikasi dan emosional. Para cast dalam “Southpaw” bermain dengan sangat baik termasuk Jake Gyllenhaal yang memerankan Billy Hope. Gyllenhaal mampu menjiwai karakter Billy yang emosional dan sukses membuat emosi penonton bercampur-aduk dengan apa yang dirasakan Billy dalam tiap scenenya. Chemistrynya dengan Rachel McAdams dan Oona Laurence seakan menjadi sebuah chemistry yang hangat yang cukup menyentuh antar keluarga. Sementara Forest Whitaker yang memerankan Tick Wills juga berperan baik dalam menjalin chemistry dengan Gyllenhaal. Whitaker kembali dengan watak kalem namun kerasnya dalam film ini. Sementara sang pemicu konflik, Jordan Meins yang merupakan promotor Billy juga cukup diperankan dengan apik oleh rapper Curtis “50 Cent” Johnson yang sekaligus memperlihatkan apa yang sebenarnya terjadi di realita dalam dunia olahraga tinju.

southpaw-picture-jake-gyllenhaal-50-cent-2-600x400

Scoring yang diramu oleh mendiang James Horner seakan menambah ironinya tiap scene di film ini yang ternyata malah membuat penonton ikut merasakan apa yang dialami Billy Hope.Tidak hanya itu, tembang “Phenomenal” yang dipopulerkan Eminem (cast awal film ini sebelum Gyllenhaal) cukup membakar semangat melihat comeback dari Billy Hope. Sehingga “Southpaw” secara keseluruhan memiliki alur yang cukup dramatis namun menghibur,. Cinematography yang dikerjakan oleh Mauro Fiore terutama dalam scene pertandingan tinjunya benar-benar membuat penonton merasakan atmosifr yang tengah terjadi di ring. Bukan tidak mungkin nama Jake Gyllenhaal akan kembali diprediksi masuk nominasi Academy Awards 2016 atau mungkin “Southpaw” juga akan masuk nominasi “Best Movie”.

4/5

“SOUTHPAW” sedang tayang di Cinema XXI/21

0 Shares