2 Shares

“Demikianlah perempuan. dia hanya ingat kekejaman orang kepada dirinya, walaupun kecil, dan dia lupa kekejamannya sendiri kepada orang lain padahal begitu  besarnya.”- Zainuddin

Tenggelamnya-Kapal-Van-Der-Wijck-Extended-di-bioskop

Mari kita berkaca ke tahun 2013, dimana penikmat film Indonesia dibuat terpana menyaksikan sebuah mahakarya nan epik yang diproduksi oleh Soraya Intercine Films dan diadaptasi dari novel mega bestseller karangan Buya Hamka ,”Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck”, yang mampu menyajikan sebuah kisah cinta yang cukup menyayat hati dan batin. Bagaimana tidak , dipadu dengan sinematografi dan akting memukau dari ketiga pemainnya yakni Herjunot Ali, Pevita Pearce dan Reza Rahadian mampu memunculkan feel dan emosi yang sampai ke penonton lewat tiap scene yang mereka bawakan. Namun, diman ada likers, disitu ada haters. Banyak yang membanding-bandingkan kisah dalam film ini mirip dengan “Titanic” (1997) garapan James Cameron. Kenyataannya tidak sebab disini lebih menekankan soal budaya lampau “kawin paksa”. Film ini bisa dibilang adalah “The Best Epic ,Tragic And Romantic Indonesian Movie That Ever Made”. Dirasa ingin memanjakan para penonton setianya, Soraya Intercine kembali merilis versi Extended dari film ini dengan durasi 200 menit (sekitar 3,5 jam)

Nusantara 1930. Dari tanah kelahirannya, Makasar, Zainuddin berlayar menuju tanah kelahiran ayahnya di Batipuh, Padang Panjang. Di sana ia bertemu Hayati. Kedua muda-mudi itu jatuh cinta. Tapi, adat menghalangi. Zainuddin hanya seorang melarat tak berbangsa, sementara Hayati perempuan Minang keturunan bangsawan.

Lamaran Zainuddin ditolak keluarga Hayati. Hayati dipaksa menikah dengan Aziz, laki-laki kaya berbangsa yang memang ingin menyuntingnya. Zainuddin memutuskan merantau ke tanah Jawa. Zainudin bekerja keras dan menjadi penulis terkenal.

Dalam sebuah pertunjukan opera, Zainuddin kembali bertemu Hayati bersama Aziz, suaminya. Kisah cinta Zainuddin dan Hayati menemui ujian terberatnya dalam sebuah tragedi pelayaran kapal Van Der Wijck.

REVIEW : Durasi yang cukup lama dari versi Extended ini akan menjawab banyak plothole yang ditinggalkan dalam versi originalnya. Terlebih , versi Extended ini lebih indah , romantis dan tidak menganggu seperti versi regulernya dimana gaungan “Sumpah Mati” terdengar di scene yang kurang penting. Selain menambah utuhnya cerita secara keseluruhan, Extended Versionnya makin menambah feel dan emosi lewat adegan baru yang dimasukkan dalam Extended Version ini. Selebihnya,nikmati saja akting memukau Herjunot Ali, Pevita Pearce, Reza Rahadian dan juga keyboardist band Nidji, Randy yang cukup mengundang tawa ditengah tegangnya plot yang tersaji lewat karakter Bang Muluk. Jangan lupakan juga OST yang cukup ampuh menambah susasana film ini dari Nidji lewat 4 singlenya “Sumpah Dan Cinta Matiku”, “Nelangsa”, “Teroesir” dan “Hidup Tanpa Cintamu”

9,0/10

TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK EXTENDED Sudah tayang di Cinema 21/XXI dan Blitzmegaplex mulai dari Kamis, 11 September 2014.

2 Shares