6 Shares

“Family is what we have”-Mario Sepulveda

33poster

Menurut kalian, pekerjaan apakah yang paling berbahaya di dunia ini? Tanyakan kepada rakyat Chile saja. Mereka punya jawabannya. Ya, menjadi seorang penambang, Tiap tahunnya lebih dari 12 ribu penambang di Chile tewas. Bahkan Chile sempat menjadi sorotan mata dunia ketka sebuah peristiwa memilukan terjadi di gurun Atacama,tepatnya di pertambangan San Jose dimana pada 5 Agustus 2010, sebanyak 33 penambang terperangkap di tambang tersebut.

2AF07CE000000578-3178982-The_men_were_trapped_200_stories_underground_with_little_food-m-43_1438191168280

Kisah ini kemudian diangkat ke dalam sebuah buku berjudul ” Deep Down Dark” karangan Hector Tobar dan Patricia Reggan memvisualisasikan kisah penuh “mukjizat” tersebut ke format layar lebar dengan judul “The 33” dengan para pemain yang sudah terkenal antara lain Antonio Banderas, Juliette Binoche, Rodrigo Santoro, Lou Diamond Phillips, James Brolin, Mario Casas, Jacob Vargas, Juan Pablo Raba, Oscar Nunez, Tenoch Huerta, Marco Trevino, Gabriel Byrne, Naomi Scott, dan masih banyak lagi.

33-BA-04986r

5 Agustus 2010,Chile. Mario Sepulveda dan rekan-rekan sesama penambang yang bekerja di San Jose Mining seperti Mario Gomez yang siap pensiun, Alex Vega, Dario Segovia, Louis “Don Lucho” Urzua, Edison “Elvis” Pena yang berjumlah 33 pekerja secara keseluruhan tidak menyangka pekerjaan mereka menjadi mimpi buruk setelah gempa bumi meruntuhkan San Jose Mining dan membuat ke 33 pekerja tersebut turun hingga ke tempat perlindungan yang letaknya sangat jauh dari daratan, lebih tepatya di bawah tanah. Mereka menemukan kondisi yang jauh lebih buruk, persediaan makanan terbatas, tidak ada P3K atau obbat-obatan untuk mengobati mereka yang terluka. Menteri pertambangan Chile, Laurence Golborne mengusahakan segala cara untuk menyelamatkan mereka. Disinilah ujian bagi Mario sebagai pemimpin bagi rekan-rekannya

REVIEW:

the-33-courtesy-Warner-Brothers

Film yang musik scoringnya digarap oleh Alm.James Horner ini kental sekali dengan alunan irama ala Amerika Latin. Bahkan akting para pemain yang dari Amerika Latin cukup baik seperti Jacob Vargas yang berperan sebagai Edison ‘Elvis” Pena yang cukup kocak. Dan sebagai pionir utama, Antonio Banderas sebagai Mario Sepulveda mampu menampilkan sosok seorang leader bagi rekan-rekannya dan akting Banderas di film ini cukup membuat hati tergugah.Patricia Reggan membuat “THE 33” sebagai sebuah dokumentasi re-visualisasi dimana doa dan harapan serta iman yang kuat ditambah kepercayaan kita pada Tuhan akan membawa sebuah ‘mukjizat’ yang tidak dapat kita duga.

4/5

THE 33 tayang 16 Desember 2015 di CINEMA XXI

6 Shares