0 Shares

“You really don’t know much about her.”- Yeo Kyung-hoon

Di zaman yang sudah semakin modern ini, banyak orang tua yang lebih memilih menitipkan anak mereka kepada ART ( Asisten Rumah Tangga) yang mereka pekerjakan atau tetangga terdekat mereka. Kebanyakan orang tua menganggap pekerjaan mereka lebih penting dibandingkan buah hati yang sudah mereka lahirkan. Kalaupun mereka sedang tidak sibuk, mereka mencoba memberikan apa yang menurut sang anak akan disukainya seperti mainan namun tetap saja, perasaan orang tua tidak akan dapat disembunyikan. Mungkin waktu kecil kalian pernah ditakut-takuti jika tidak tidur, ada monster dibawah ranjang atau lemari kalian,kan? Namun perlakuan mereka terhadap sang anak tanpa mereka sadari bisa mengubah perangai sang buah hati.

CJ Entertainment dengan kerjasama Moonlight Film dan Perfect Storm Film kembali merilis film terbaru mereka yang kali ini bergenre Horror berjudul The Closet. Film ini telah dirilis di Korea Selatan pada 5 Februari 2020 dan hingga 2 Maret, sudah mencapai 1,266,656 penonton. Film ini didistribusikan oleh CB International Movie dan sudah tayang per hari ini di Indonesia,4 Maret 2020 setelah sebelumnya dijadwalkan rilis 5 Maret 2020. The Closet merupakan debut sutradara Kim Kwang-bin dan menghadirkan Ha Jung-woo, Kim Nam-gil, Heo-Yool, Kim Shi-A, Shin Hyun-bin, Kim Soo-jin, Park Sung-woong, Park Ji-A dan Kang Shin-chul.

Setelah kematian istrinya, Yoon Seung-hee, Yoon Sang-won yang berprofesi sebagai arsitek mencari tempat tinggal baru bersama abak perempuannya, Yi-na/Ina sekaligus mencoba memperbaiki hubungan mereka berdua. Ketika tiba di rumah tersebut, mendadak Ina berubah sikap terhadap Sang-won. Ia bisa tertawa bahkan sudah mengungkapkan Ia memiliki seorang “teman”. Sang-won yang terlibat dengan proyek penbangunan museum Tongyeong mau tidak mau harus meninggalkan putrinya di rumah. Namun, sesampainya di rumah, Sang-won mendapati Ina tidak ada di dalam rumah. Sampai seorang Shaman bernama Yeo Kyung-hoon mengatakan menghilangnya Ina ada kaitannya dengan lemari di kamar Ina yang ternyata memiliki kaitan dengan korban lainnya yg menghilang 20 tahun yang lalu, Cho Myung-jin (11 tahun). Sang-woo dan Kyung-hoon harus bekerjasama untuk mencari dimana keberadaan Ina dan membawanya kembali dengan selamat.

Ada apa dengan lemari tersebut?

Siapa Cho Myung-jin?

Berhasilkah keduanya menemukan putri dari Sang-won?

REVIEW:

Siapa yang menyangka sutradara debutan seperti Kim Myung-bin berhasil menggaet dua aktor papan atas Korea, Ha Jung-woo dan Kim Nam-gil. The Closet memulai semuanya dengan meyakinkan. Berdurasi 98 menit, Myung-bin berhasil menyajikan sebuah cerita yang berhasil membuat penonton bergidik sekaligus jelang akhir menjadi sebuah refleksi dengan disisipkannya pesan moral yang berkaitan dengan parenting.

Dari segi teknis, The Closet berhasil membuat penonton bergidik tanpa perlu memperlihatkan adegan yang melibatkan darah dalam jumlah banyak. Hal ini didukung Production Design yang dikerjakan Park Elhen. Setting rumah Sang-won seakan mengingatkan kita dengan film horror Jepang yg memang beberapa settingnya bertempat di rumah besar. Tidak hanya itu, scoring yang digarap Composer Cho Young-wuk dibeberapa scene berhasil membuat penonton kaget dengan kencangnya sound dimoment jumpscarenya. Sisi lainnya adalah make up dari para hantu yang muncul yang dikerjakan Kwak Tae-yong dan Hwang Hyo-kyun. Dijamin bakal membuat penonton bergidik dan merinding melihat make-upnya yg benar-benar seram. 

The Closet tidak melupakan unsur budaya Korea dengan menyertakan Mudang atau Shaman (pengusir setan,red) yang diperankan baik oleh Kim Nam-gil serta ritual-ritualnya. Kyung-hoon yang diperankannya berhasil menjalin chemistry dengan Sang-won, yang diperankan cukup emosional oleh Ha Jung-woo. Jung-woo mampu meyakinkan penonton di paruh kedua film berjalan betapa berartinya Ina ,anak Sang-won yang hilang sangat penting bagi sang ayah dan ekspresi frustasi nya sedikit mengingatkan penonton dengan salah satu film Hollywood yg cukup mencuri perhatian ditahun 2018 yang dibintangi John Cho. Kurang lebih seperti itu. Referensi film lain turut disebut dalam film ini dimana salah satunya merupakan film garapan Christopher Nolan sedangkan yang lainnya adalah film yang menghadirkan Ha Jung-woo juga dan bertema tentang para dewa.

Yang cukup mencuri perhatian adalah pemeran Cho Min-jung, Kim Shi-a. Penonton akan langsung merasa iba melihat apa yang sebenarnya terjadi dengan Min-jung dan diakhir, penonton akan dibuat terisak dan prihatin dengan bagaimana Min-jung meluapkan kesedihannya tersebut. Bahkan penonton sudah bisa dibuat berpikir di paruh ketiga sebelum ending dimana twistnya diungkap. Saya sampai sedikit berkaca-kaca melihat twist tersebut bahkan berkata dalam hati, “Ya Tuhan, ini memang realita… apa yang orang tua lakukan pada anaknya belakangan ini bisa mempengaruhi perkembangan mereka kedepannya”. 

Bagi kalian para orang-tua yang sudah memiliki anak, jaga,sayangi, lindungi darah daging kalian apapun yg terjadi karena perlakuan kalian bisa merubah perilaku dan perkembangan mereka. The Closet menjadi salah satu film Horror yang mampu membuat penonton merasakan ketakutan sekaligus rasa iba dengan menyisipkan pesan moral yang cukup baik kepada para orang-tua tentang Parenting.

4 dari 5

0 Shares