0 Shares

Sudah banyak film bertema Ship-Disaster yang pernah dirilis. Sebut saja Titanic (1997) yang fenomenal , Poseidon, sampai Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Namun, belum ada seorang sutradara yang mampu mengombinasikan beberapa unsur dalam film seperti ini. Most of them tells about forbidden love, How they survive after the ship almost sink. Dua hal ini saja yang diutamakan demi membuat penonton puas.

John Woo yang sukses lewat Face/Off dan juga menyutradarai “A Better Tomorrow” yang melambungkan nama Chow Yun Fat kembali lagi dengan karya terbarunya yang kali ini diadaptasi dari true event dimana sebuah kapal uap milik China yang dijuluki “Chinese Titanic”, Taiping tenggelam pada 27 Januari 1949 berjudul ” The Crossing” yang dibagi menjadi 2 part dimana bagian pertama sudah dirilis pada 2 Desember 2014 di China sedangkan bagian kedua dirilis Mei 2015.

Diramaikan oleh para aktor aktris terkenal dari 3 negara, Jepang ,Korea Selatan dan China ,sebut saja Takeshi Kaneshiro, Song Hye Kyo, Masami Nagasawa, Zhang Ziyi, Huang Xiaoming dan Tong Da Wei, bersetting dimana sedang terjadi ” Chinese Civil War” antara kubu Nasionalis dan Komunis paska Perang Dunia ke 2, tersebut 3 pasangan yang memiliki satu kesamaan yakni suami mereka adalah prajurit perang tersebut. Mereka adalah Yu Zhen ( Zhang Ziyi) -Yang Zenkun (Takeshi Kaneshiro), Zhou Yunfen (Song Hye Kyo)-Lei Yifang yang berpangkat Jendral (Huang Xiaoming) dan Tong Da Qing (Tong Da Wei) – Masako (Masami Nagasawa). Mereka bertiga pergi ke Taiwan yang pada waktu itu berbentuk pulau. Situasi perang semakin memanas. Dan ketiga suami dari masing masing pasangan berjanji untuk kembali dengan selamat.

Bagaimana nasib Zenkun, General Lei dan Tong Da Qing di medan perang tersebut ?

REVIEW :

John Woo berhasil menyajikan sebuah drama tragedi nan kolosal dan epic dipadu dengan adegan perang yang eksplosif. Semua detail sangat diperhatikan mylai dari ledakan yang dijamin akan membuat merinding juga drama yang disajikan tidak terlalu membuat mewek namun Woo tetap mampu menciptakan dramati situation. Para cast juga menampilkan akting menawan. Dan musik dari Taro Iwashiro menambah pilunya scene demi scene serta memainkan emosi penonton.

4,5/5

0 Shares