14 Shares

martian2015-2

“I’m gonna have to science the shit out of this”-Mark Watney.

Melakukan sebuah perjalanan bersama rekan-rekan terdekat dalam satu tim tentu mengasyikkan. Bagaimana tidak, rasa persaudaraan timbul perlahan namun pasti diantara mereka. Namun apa jadinya jika salah satu rekan kita tertinggal dan kita menganggapnya telah tiada?

Inilah karya terbaru Ridley Scott,sang sutradara “Alien” franchise yang diadaptasi berdasarkan novel karangan Andy Weir “The Martian” yang dibintangi oleh Matt Damon,Jessica Chastain, Kate Mara, Michael Pena, Sebastian Stan, Aksel Hennie, Kristen Wiig, Jeff Daniel, Sean Bean,Chiwetel Ejiofor,Mackenzie Davis dan Donald Glover.

the-martian-picture06

Ketika sedang melakukan penelitian di Mars, tim ekspedisi ARES III yang terdiri dari Astronaut Mark Watney (Damon), Commander Melissa Lewis (Chastain), Beth Johanssen (Mara), Chris Beck (Stan), Alex Vogel (Hennie) dan Rick Martinez (Pena) tertimpa musibah badai pasir yang dahsyat. Watney yang mencoba mengevakuasi dirinya malah terkena puing dari satelit,sementara rekan-rekannya meninggalkan Mars dan Watney dinyatakan tewas oleh NASA. Ternyata, Watney diketahui masih hidup dan sang pakar botanis ini mencoba bertahan hidup dalam Habitat, tempat para Astronaut beristirahat. Sementara di Bumi, NASA yang dipimpin direktur Teddy Sanders (Daniel) dengan bantuan Vincent Kapoor (Ejiofor),Direktur Misi Mars serta mekanis Bruce Ng (Bernard Wong) mencoba untuk berkomunikasi sekaligus memikirkan cara membawa pulang Watney kembali ke Bumi.

Apa rencana NASA untuk membawa pulang Watney?

Akankah Watney dapat bertahan hidup di atmosfir Mars yang tidak mungkin ditempati oleh manusia tersebut?

REVIEW:

martian-tifrss0003frnleft-1001rrgb_0

Berdurasi 141 menit, Ridley Scott membawa penonton kesebuah petualangan,kisah survival yang luar biasa dan menghibur dari Mark Watney. Jika kebanyakan film bertema survival beralur tegang dan terus-menerus membuat sang tokoh utama merasa ketakutan, dalam “The Martian”, justru Scott membuat sebaliknya, cara Watney bertahan hidup dibuat penuh hiburan dan canda lewat dokumentasi pribadinya. Matt Damon sungguh menjadikan karakternya sebagai “one man show”. Damon benar-benar membawa penonton merasakan keceriaan yang dirasakan Watney ketika berada di Mars.

download-237

Selebihnya, Jeff Daniel kembali kebagian karakter berwatak keras dan lagi-lagi berhasil diinterpretasikannya dengan baik. Konflik dengan karakter Vincent Kapoor yang diperankan Chiwetel Ejiofor menjadi buktinya. Sementara Jessica Chastain,Sebastian Stan,Michael Pena (lagi-lagi sedikit membuat tertawa), Kate Mara serta Aksel Hennie memerankan tokoh-tokoh yang mereka perankan dengan baik meski porsi adegan mereka sedikit karena dalam film ini, sosok Watneylah highlight atau fokus utamanya. Untuk visual efeknya sendiri tidak begitu banyak berperan disini,namun atmosfir Mars sudah cukup baik diperlihatkan Scott pada penonton terutama ketika Mars yang merah ini bercahaya. Sudut pandang orang pertama yang diambil lewat kamera yang menyorot Watney lumayan membuat penonton ikut terbawa dalam perasaan Watney. Ending yang cukup touching menjadi penuntas keseluruhan film ini.

17980097483_d26f0c40a6_o

Siapa sangka cerita survival bisa semenarik ini,bukan? ditambah dengan lantunan lagu-lagu klasik dan ditutup dengan “I Will Survive” yang dipopulerkan oleh Gloria Gaynor saat credit title mulai rolling yang makin mengindikasikan bahwa Watney benar-benar berniat untuk tidak ingin mati konyol di planet Mars tersebut, “The Martian” adalah cerita survival yang fun dan sangat mengasyikkan tanpa banyaknya CGI atau special effect lainnya. It’s just the story and the cast who do their best job.

4/5

“The Martian” sedang tayang di CGV Blitz, Cinema XXI/21,Cinemaxx Theater dan Platinum Cineplex.

 

14 Shares