0 Shares

The-Monuments-Men-UK-Quad-Poster“It seems the Nazis took better care of art than they did people”- Lt. Frank Stokes

Perang dunia ke 2 atau ‘World War 2″ merupakan sebuah peristiwa yang paling dikenang oleh dunia. Masa kejayaan Jerman Barat dibawah Adolf Hitler yang sungguh kejam. Namun tahukah kalian, ada usaha penyelamatan karya-karya seni pada saat peristiwa tersebut berlangsung ?

George Clooney menghidupkan kembali kisah tersebut di layar lebar yang diadaptasi dari buku berjudul “The Monuments Men: Allied Heroes, Nazi Thieves and the Greatest Treasure Hunt in History” karangan Robert M.Edsel. Film ini merupakan film ke 5 yang disutradarainya.

‘The Monuments Men” berkisah tentang upaya perlindungan terhadap karya-karya seni seperti ukiran, pahatan, patung, hingga lukisan yang digerakkan oleh Lt.Frank Stokes bersama anak buahnya, Lt. James Granger,Sgt.Richard Campbell,Sgt.Walter Garfield, Lt, Jean-Claude-Clermont,Lt. Donald Jeffries, Pvt. Preston Savitz dan seorang anak muda yang menjadi translator ,Sam Epstein.

Jerman dibawah pimpinan Viktor Stahl telah banyak mencuri karya-karya seni, diantaranya Ghent Alterpiece dan Bruges Madonna. Waktu semakin sempit dan Stokes harus bergerak cepat sebelum Jerman membakar habis semua karya-karya seni yang mereka curi tersebut.

Mampukah “The Monuments Men” menyelesaikan misinya ?

REVIEW :

Menghidupkan kembali sejarah menjadi film bukanlah hal yang mudah. George Clooney berhasil menghidupkan kembali kisah heroik ini dengan sangat baik, didukung scoring yang menggugah semangat dari Alexander Desplat. Tidak lupa juga diselingi adegan-adegan yang mengundang tawa dari Bill Murray dan Bob Balaban.

Performa aktris yang baru saja meraih ‘Best Actress” pada Academy Awards 2014, Cate Blanchett juga cukup memikat sebagai love-interest dari karakter Lt.James Granger yang diperankan Matt Damon.

Lewat film ini, diperlihatkan bahwa nyawa manusia lebih berharga dari apapun, dan selalu ada pengorbanan untuk suatu tujuan.

Ratings: 7/10

“The Monuments Men” Tayang mulai 19 Maret 2014 di XXI/Blitzmegaplex

0 Shares