0 Shares

Unbroken

“If I can take it, I can make it”- Louie Zamperini

Sudah banyak film bertemakan World War II / WWII. Kebanyakan hanya memperlihatkan perjuangan , cinta dan pengkhianatan. Tidak ada yang memperlihatkan bagaimana sang tokoh utama bertahan dari serangan musuh atau ketika dirinya menjadi tahanan perang. Kalaupun ada, itupun hanya menjadi pelengkap belaka agar audience dapat merasakan suasana perang yang sesungguhnya.

Setelah melakukan debut yang cukup mengejutkan lewat “In The Land Of Blood and Honey” (2011), aktris yang kini merangkap sebagai sutradara, Angelina Jolie kembali merilis karya terbarunya yang kali ini diangkat dari novel non-fiksi terbitan 2010 karangan Laura Hillenbrand berjudul ” Unbroken: A World War II Story of Survival, Resilience, and Redemption” , “UNBROKEN”. Memasang nama nama besar seperti Jai Courtney (A Good Day To Die Hard), Domhnall Gleeson (About Time) ,Gareth Hedlund (On The Road) serta Jack O’Connell (300 : Rise Of An Empire) dan memperkenalkan Takamasa Ishihara/Miyavi, pengarang lagu sekaligus penyanyi.

Mengisahkan kisah luar biasa Louie Zamperini, seorang atlit Olimpiade asal Amerika Serikat yang selamat dari kecelakaan dalam sebuah misi penyelamatan ditengah Perang Dunia II bersama dua rekannya, Russell “Phil” Phillips dan Francis “Mac” McNamara yang harus bertahan hidup dari ganasnya laut sehingga selama 47 hari mereka bertiga terombang-ambing. Disinilah kegigihan Louie diuji ketika para serdadu Jepang dibawah pimpinan Mutsuhiro “The Bird” Watanabe menangkapnya serta menyiksanya.

unbroken 1

REVIEW :

Berbeda dengan karya sebelumnya yang tergolong romansa, Jolie kali ini membuat audience ikut merasakan tiap momen dari kisah hidup Louie Zamperini. Pendeskripsian masa kecil Louie juga dijabarkan dengan apik ala “from nothing to something”. Jack o’Connell dengan performa aktingnya sanggup membawa audience masuk merasakan apa yang Louie rasakan. Scoring dari Alexandre Desplat juga menambah haru dan menggugah batinnya film ini. Jangan lewatkan single “Miracles” yang khusus ditulis oleh Coldplay di akhir credit title setelah melihat slide-show dari Louie Zamperini.

Tidak lengkap jika tidak memberi applause bagi Miyavi yang berperan sebagai Watanabe. Kami jadi ingin meninju wajahnya yang cukup menyebalkan dengan mimik kebengisan ala serdadu Jepang yang pada masa perang memang terkenal sadis dan tidak kenal ampun tersebut. Kudos for him. Para cast lainnya seperti Domhnall Gleeson, Jai Courtney seakan hanya menjadi pelengkap saja sebab Jolie lebih menonjolkan o’Connell sebagai panggung pertunjukkannya. Meski begitu, kami tetap menganggap “UNBROKEN” seharusnya dapat lebih diapresiasi oleh Academy Awards sebab film ini membuat emosi bercampur aduk menjadi satu.

Pesan moral dalam film ini juga terbilang positif dan ada kaitannya dengan realita sekarang ini. “Forgiveness is only the key to forget the bad things ”

4,5/5

“UNBROKEN” Segera tayang di Cinema 21/XXI -blitzmegaplex.

0 Shares