5 Shares

12009684_10207840627200415_247729333869811621_n

My grandfather used to say, befriend those with nerves of steel”- Jo Tae-Oh

Kembali lagi bicara soal realita di zaman sekarang ini dimana potret dari anak seorang pengusaha kaya sekaligus pewaris sebuah perusahaan diberikan kebebasan yang tidak terbatas. Usia muda membuatnya tentu ingin lebih banyak mengetahui sisi lain dari dunia luar, namun apa jadinya jika tindakan yang dilakukan dirinya berujung rentetan masalah tanpa henti,sedangkan Ia tidak merasa melakukan semua itu ?

Sukses dengan “The Berlin File”, Ryoo Seung-wan kembali dengan karya terbarunya yang berjudu “VETERAN”. Film ini sudah dirilsi 5 Agustus di Korea dan saat review ini ditulis, perolehan jumlah penontonnya sudah mencapai angka 12,790,110 (Update : 12,809,649) sekaligus menjadi film ke 7 sepanjang masa Korea yang mencapai angka diatas 10 juta penonton. Dibintangi duo Hwang Jung-Min serta Oh Dal-Soo yang sudah bermain bersama dalam “Ode To My Father” ,”Veteran” dibintangi pula oleh Yoo Ah-In, Yoo Hae-Jin,Jang Yoon-Ju,Kim Shi-Hoo,Oh Dae-Hwan,Jeong Man-Sik, Jung Woong-In dan Song Young-Chang.

Veteran_-_Korean_Movie-005

Detektif Seo Do-Cheol adalah seorang detektif yang selalu berhasil menangkap targetnya dan tidak akan pernah berhenti untuk mengungkap kasus yang diinvestigasinya. Bersama pemimpinnya Oh dan anggota timnya yang terdiri dari Bong,Yoon dan Wang, mereka berlima selalu kompak dalam menjalankan aksinya. Ketika kerabat baik Do-Cheol, Bae yang merupakan supir truk yang bekerja dibawah Sunjin Company ditemukan koma dan dinyatakan bunuh diri, kecurigaan Do-Cheol mengarah kepada Jo Tae-Oh, seorang pebisnis muda yang merupakan pewaris dari generasi ketiga perusahaan Sunjin.Sayangnya, Tae-Oh tidak bisa didekati begitu saja sebab perlindungan kepadanya sangat ketat bahkan wakil direkturnya,Choi juga melarang siappun menyentuh Tae-Oh.

Bagaimana usaha Do-Cheol untuk membuktikan bahwa Tae-Oh adalah dalang dibalik peristiwa tersebut ?

Apa yang sebenarnya terjadi ?

REVIEW :

YooAhIn7

Berdurasi 123 menit, Ryoo Seung-Wan menyajikan sebuah paduan ciamik komedi dan aksi. Jika penonton beranggapan bahwa jika aksi bertemu komedi yang didominasi sepanjang film adalah komedinya, dalam “Veteran”, Seung-Wan membuat kedua unsur tersebut “balance” atau seimbang. Tidak hanya itu saja, unsur drama yang memang menjadi ciri khas tiap film Korea juga nampak dalam konflik Do-Cheol dan Tae-Oh.

veteran_still

Dari jajaran cast, Yoo Ah-In tampil dengan memukau sebagai Jo Tae-Oh yang memiliki dua kepribadian. Ah-In benar-benar menjiwai perangai Tae-Oh yang “sakit” dan sedikit “maniak” layaknya salah satu musuh Batman,The Joker (ada dua easter egg yang mengindikasikannya di film ini). Sementara duo Hwang Jung-Min dan Oh Dal-Soo kembali menampilkan chemistry serupa seperti dalam “Ode To My father”. Bedanya, disini Dal-Soo menjadi atasan dari Jung-Min ,namun tetap saja kekonyolan demi kekonyolan mereka mewarnai sepanjang film dan membuat penonton tertawa terbahak-bahak. Alur cerita dalam film ini seakan membius penonton untuk ikut merasakan investigasi Do-Cheol terhadap Tae-Oh. untuk adegan aksinya terbilang cukup brutal dan diselingi kelucuan ,namun hal tersebut tidak mengurangi ketegangan demi ketegangan dalam film ini.

Veteran-Movie-2015_43

“Aku sudah berkata padamu, jangan memulai masalah”, mungkin kata kata Do-Cheol kepada Tae-Oh ada benarnya untuk kita yang masih muda dan mulai meniti karir di pekerjaan. Kita tidak tahu kapan tindakan kita akan menimbulkan masalah,jadi simpan semua rasa ingin tahu kalian pada waktunya dan jauhi masalah.

4,5/5

N.B : Ada cameo dari Ma Deong-Seok,Ahn Gil-Kang dan Kim Eung-Soo.

“Veteran” tayang 23 September 2015 di CGV Blitz,Cinemaxx Theater dan Platinum Cineplex.

5 Shares