0 Shares

collective poster

“Sorry”-Park Goo

Hak Asasi Manusia atau disingkat HAM memang tengah menjadi suatu fenomena yang tabu bahkan selalu diperjuangkan bagi orang yang tertindas tanpa terkecuali penjahat sekalipun tetap memiliki HAM. Namun yang akan saya bahas kali ini adalah sebuah sisi lain dari HAM yang dikemas dengan cukup menyentil dan ironi.

Inilah film pembuka Korea Indonesia Film Festival 2015 , COLLECTIVE INVENTION” yang baru dirilis di Korea 22 Oktober 2015 dengan para cast yang sudah tidak asing lagi di benak para pecinta Korea seperti Park Bo-Young,Lee Kwang-Soo,Lee Chun-Hee,Jang Gwang,Lee Byung-Joon dan Kim Hee-Won dengan sutradara Kwon Oh-Kwang.

19e19240d358358869e9a08822a6322f

Seorang pria bernama Park Goo menjadi objek percobaan dari Ganmi Medical dimana Dr.Byun bekerja mengembangkan sejenis protein yang merupakan gabungan dari ekstraksi DNA ikan. Hasilnya sungguh mengejutkan, Goo malah berubah wujud menjadi setengah manusia setengah ikan dan sontak saja, Hal ini memancing Seo Sang-Won yang memiliki cita-cita menjadi seorang reporter. Singkat kata, Sang Won mulai diminta mencari informasi dari Goo. Namun semua tidak berjalan dengan mulus. Bagaikan dua sisi mata uang, Goo dipuji namun juga dicaci maki atas keberadaannya. Belum lagi hadirnya seorang wanita yang disukai Goo, Joo -Jin memiliki konflik dengan ayah Goo.

Bagaimana akhir kisah Goo?

Apa pilihan yang akan diambil Goo ?

REVIEW :

Collective-Invention3

Saat menonton film ini awal dimulai cukup menarik dan interaktif. Kwang-Soo harus diakui benar-benar menampilkan sosok Goo sebagai salah satu pihak yang terhakimi dan ingin merasakan hidup seperti mereka di luar sana. Perlu diketahui,bobot topeng Ikan yang dikenakan Kwang-Soo seberat 8 Kg! bahkan saat syuting ,Park bo-Young sampai harus membantunya makan.

Invention

Lanjut ke pembahasan film, Isu HAM disini ditampilkan dengan baik terlihat dari pro dan kontra terkait nasib Goo di Korea. Bahkan secara tidak langsung sutradara Kwon Oh-Kwang memperlihatkan “inilah sisi lain Korea” yang cukup ironis dan menyentil sekali.

collective

Balutan Dark Comedy dalam film ini cukup kental terutama dengan akting Kwang Soo dan Chun Hee yang kocak saat beradu bersama. Sementara Park Bo-Young disini benar-benar beda dari film sebelumnya dimana disini Bo Young tampil dengan gaya arogan,kasar ┬ádan sedikit “tomboy” .

Yang cukup mengagetkan adalah twist berlapis dari apa sebenarnya yang dilakukan Dr.Byun dan juga nasib Goo. Sungguh mencengangkan namun dengan eksekusi yang baik pada endingnya, penonton dibuat tertawa.

Mencari sebuah kebenaran memang perlu,melindungi orang juga perlu tapi tidak perlu seekstrem seperti yang terlihat di film ini.

4/5

“Collective Invention” tayang di KIFF 2015 di :

  • CGV Blitz Grand Indo: Jumat 30 Oktober,19.15
  • CGV Blitz Teraskota Tangerang: Sabtu,31 Oktober 2015,21.05
    CGV Blitz BEC Bandung:Sabtu,31 Oktober 2015 ,16.50
    CGV Sahid J-Walk Yogyakarta: Minggu,1 November 2015, 16.50
0 Shares