53 Shares

Pixar

Siapa yang tidak tahu Pixar? Di era industri animasi 3D, nama studio tersebut bisa dikatakan memiliki nama yang cukup diperhitungkan. Film- filmnya tidak hanya semata memiliki nilai hiburan saja. Namun efek heart-warming yang dibawa cukup kerasa.

Satu lagi yang menjadi ciri khas film- film Pixar. Biasanya memiliki trivia tentang karakter dari satu film yang muncul di film lain. Atau penampakan trailer pizza planet, dinoco, buy and large corporation hampir di semua filmnya. Kebetulan? Hanya trivia? Atau apakah sebenarnya semua film Pixar berada di universe yang sama? Mari kita lihat teori yang dibeberkan oleh Jon Negrini berikut ini. Saya coba membagi- baginya berdasarkan timeline waktu.

 

Tahun 1400- 1500 an

Semua dimulai dari film Brave. Film Brave ber-setting di jaman kegelapan. Atau sekitar abad 14- 15.

Di film ini dikisahkan Merida menemukan will-o-the wisp yang menuntunnya ke seorang penyihir misterius di mana Merida meminta agar sang penyihir bisa membantunya memecahkan permasalahan dirinya dengan sang ibu yang berakhir dengan mengubah sang ibu menjadi seekor beruang.

ev_brave1

Di titik ini kita bisa melihat hewan yang bisa bertingkah layaknya manusia (beruang jelmaan ibu Merida). Bahkan ada satu adegan yang memperlihatkan Merida diserang oleh peralatan.

ev_brave2

ev_brave3

Di sini bisa dikatakan sihir tersebut adalah penyebab mengapa di kemudian hari nanti hewan- hewan bisa bertingkah laku layaknya manusia. Memang awalnya mereka adalah manusia. Namun dengan mencomot teori evolusi, lama kelamaan kepintaran tersebut berevoulsi dengan sendirinya tanpa harus dengan bantuan sihir.

Adegan pertemuan Merida dengan sang penyihir diakhiri dengan pintu yang tertutup dan dibuka lagi oleh Merida namun sang penyihir telah hilang. Nah lo, kenapa tuh?

 

Tahun 1950-1960an

Villain utama di film The Incredibles adalah seorang anak yang menjelma menjadi ilmuwan jahat bernama Syndrome. Syndrome memiliki ambisi untuk memusnahkan semua superhero dari muka bumi.

ev_incredibles1

Untuk itu dia menggunakan kepandaiannya untuk menciptakan Artificial Intelligence buatan bagi mesin- mesinnya. Awalnya A.I. tersebut digunakan untuk beradaptasi dalam bertarung melawan para superhero. Namun lama kelamaan mesin yang diberinama The Omnidroid itu mulai tidak suka diperintah oleh manusia. Terlihat di adegan tearkhir di mana The Omnidroid menghancurkan gelang control milik Syndrome.

ev_incredibles3

Selain A.I. yang canggih, Syndrome juga membuat Zero Point Energy, energi elektro magnetis yang melayang- layang di udara.

Diperkirakan ini adalah titik awal di mana para mesin mulai ingin mendominasi manusia.

 

Tahun 1995- 1999

Zero Point Energy kemudian bisa memberikan energi kehidupan kepada benda- benda mati. Seperti tampak pada mainan- mainan di film Toy Story.

ev_toystory1_1

Entah bagaimana akhirnya para mainan memiliki teori bahwa mereka memiliki simbiosis mutualisme dengan para manusia. Manusia (khususnya anak- anak, tapi bisa juga untuk orang dewasa seperti 2 orang mimin MX yang masih demen koleksi action figure) membutuhkan para mainan sebagai hiburan, mainan juga membutuhkan cinta manusia sebagai energi untuk mereka tetap hidup. Kita bisa lihat seberapa takutnya mereka ketika harus ditinggalkan dan tidak lagi dimaini oleh para manusia.

Di sini kita harus catat tentang teori bahwa perasaan manusia bisa menjadi energi bagi para benda mati.

Somehow, hal inilah yang menjadi cikal bakal para mesin untuk terus berevolusi. Dengan melalui sebuah dummy corporation bernama Buy n Large, mereka menciptakan peralatan- peralatan rumah tangga serta kebutuhan- kebutuhan hidup lainnya yang nantinya akan menimbulkan simbiosis mutualisme dengan para manusia. Di mana para manusia aktivitas sehari- hari mulai tergantung pada mesin ciptaan BnL. Di sisi lain para mesin mendapatkan energi dari para manusia.

 

Tahun 2003

Di film Finding Nemo kita mulai melihat hewan- hewan yang mulai berevolusi sehingga memiliki perilaku seperti manusia bukan karena sihir. Para ikan sudah mempunyai sistem lalu lintas, sekolah, dan sebagainya.

ev_nemo1

Para manusia juga mulai semena- mena dengan hewan. Mereka juga melakukan bermacam- macam eksperimen terhadap hewan. Salah satunya adalah karakter Dorry yang disebut- sebut sebagai bekas korban eksperimen manusia terhadap hewan. Di film ini juga digambarkan bagaimana para ikan mulai memberontak atas perlakuan semena- mena manusia.

ev_nemo2

 

Tahun 2007

Di film Ratatouille kita mulai melihat evolusi lebih jauh dari para hewan. Karakter Remy terlihat memiliki hobi memasak. Selain itu tikus- tikus digambarkan bisa berjalan dengan kaki belakang, cuci tangan, membaca, memasak, berkomunikasi lewat sign language dengan manusia, bahkan mengendalikan manusia.

ev_rat1

ev_rat2

Karakter antagonis Chef Skinner yang menemukan bahwa seekor tikus bisa melakukan pekerjaan lebih baik dari manusia disingkirkan oleh para tikus. Disinyalir dia kemudian menyebarkan rumor tentang kelebihan hewan yang dapat melakukan pekerjaan lebih dari manusia ini.

ev_rat3

 

Tahun 2010

Kebencian yang dirasakan para mainan mulai tampak di film Toy Story 3. Hal ini dikarenakan manusia semakin semena- mena dalam menyiksa mainan baik secara fisik maupun mental.

ev_toystory3_1

Di film ini juga muncul penampakan salah satu perusahaan raksasa di universe Pixar, Buy n’ Large.

ev_toystory3_3

Lihat logo di batere tersebut?

Di film ini terlihat pula kartu pos dari Carl dan Ellie yang tertempel di kamar Andy. Ini membuktikan bahwa event di film Up terjadi setelah event di Toy Story 3.

ev_toystory3_4

 

Tahun 2011- 2016

Rumah Carl akan digusur paksa oleh perusahaan Buy n’ Large. Di film ini juga terlihat bagaimana BNL mulai menyebabkan polusi dan kerusakan alam. Ini diindikasikan sebagai awal dari pemusnahan kehidupan di abad- abad mendatang. Ini juga merupakan usaha para mesin untuk take over bumi dari anak- cucu adam.

ev_up1

Karakter antagonis Carl Muntz disinyalir mendengar tentang isu kepandaian hewan yang disebarkan oleh Chef Skinner sehingga dia menciptakan kalung anjing yang dapat dipakai untuk berkomunikasi dengan manusia dan memperkerjakan para anjing menjadi tentara pribadi.

ev_up3

Itu adalah salah satu bukti kesemena- menaan manusia dengan hewan.

Tahun 2100- 2200an

Hewan mulai melakukan revolusi ala The Planet of The Apes dan menentang kesewenang- wenangan manusia. Ini terjadi di rentan waktu seabad yang tidak digambarkan (atau belum digambarkan oleh Pixar?).

Manusia yang pada saat itu kewalahan menghadapi serangan para hewan bingung harus bergantung pada siapa. Para superhero telah hilang dari muka bumi, thanks to Syndrome. Akhirnya mereka bergantung dengan para mesin untuk melawan.

Akhirnya hewan kalah. Namun bumi sudah tidak lagi ramah untuk ditinggali manusia. Manusia yang tersisa dikirim ke luar angkasa lewat kapal luar angkasa bernama Axiom. Pesawat tersebut dipimpin oleh Autopilot (Referensi lain dari A.I.)

ev_cars1_2

Dengan kata lain akhirnya mesinlah yang memenangi peperangan itu. Hewan kalah dan hampir tidak ada lagi di muka bumi dan manusia yang tersisa dikirim ke luar angkasa. Lalu siapa dong yang akhirnya mendominasi bumi?

ev_cars1_1

Kisah di film Cars dan Planes tidak jauh setelah kemenangan para mesin. Maka itu masih ada landmark- landmark buatan manusia yang muncul. Di Cars 2, tokoh- tokoh jagoan kita berpergian ke Tokyo dan New York. Nampak jelas juga landmark- landmark yang ada sama persis dengan bumi di film- film Pixar lainnya.

Satu- satunya energi yang bisa didapat di bumi adalah minyak bumi. Di film Cars 2, Allinol Corporation mulai mengembangkan Green Energy yang dipercaya menjadi energi alternatif yang lebih bersih. Namun energi tersebut berpotensi pula untuk melenyapkan semua populasi mobil di bumi.

 

Tahun 2800- 2900an

Pada saat ini bumi telah ratusan tahun menjadi planet yang tidak dapat dihuni karena perbuatan BnL. Sumber daya alampun telah habis. Semua mesin telah meninggalkan bumi. Hanya sebuah mesin bernama WALL-E yang masih tertinggal. Sementara manusia tinggal di Axiom selama lebih dari 800 tahun.

ev_walle1

Di akhir kisah WALL-E berjasa dalam mengembalikan para manusia yang tinggal di Axiom ke bumi sehingga memulai peradaban baru. Sehingga inilah mengapa “pacar” nya WALL-E dikasih nama EVE.

Sepanjang film, WALL-E digambarkan berhasil menyelamatkan sebuah bibit pohon yang ditaruh di sepatu. Ketika credit title bergulir kita bisa melihat bibit tersebut tumbuh menjadi sebuah pohon besar.

ev_walle3

 

Tahun 2898- 3000

Dan pohon yang ditanam oleh WALL-E tersebut beratus- ratus kemudian menjadi sarang kerajaan semut yang menjadi sentral cerita di A Bug’s Life

Ant-Island-a-bugs-life-2276498-800-588

Semut- semut di film ini sudah memiliki gen yang telah bermutasi. Sebagai perbandingan di WALL-E disebutkan seekor semut hanya mampu bertahan hidup sampai 3 bulan saja. Namun di A Bug’s Life mereka mampu melewati satu musim panas. Bahkan ada salah seekor semut yang berkata “I feel like 90 again.”

Semut- semut di masa ini telah berevolusi lebih jauh. Mereka diceritakan sudah bisa membuat penemuan, ada bar, kota, dan lainnya.

Salah seekor semut memperingatkan Flik untuk tidak keluar pulau karena ada ular, burung, serta serangga lebih besar yang membahayakan jiwanya. Semut tersebut tidak menyebutkan manusia karena pada saat ini populasi manusia hanya sedikit. Karena memang baru saja memulai peradaban baru. Keberadaan manusia dibuktikan dengan adanya seekor serangga yang sayapnya dicabut oleh anak kecil.

 

Tahun 4500- 5000

Ratusan tahun kemudian hewan- hewan telah berevolusi lebih jauh lagi. Bentuk- bentuk mereka makin aneh- aneh dan lebih menyerupai monster.

monsters-inc-3d

Para monster itupun mendominasi bumi dan memulai peradaban baru. Peradaban para monster. Maka itu ketika disebut Monster University didirikan tahun 1313, itu adalah menggunakan kalender para monster. Pada saat itu sumber energi telah habis. Namun sebuah teknologi telah dikembangkan dengan menggunakan teriakan (perasaan takut) anak kecil untuk sebagai sumber energi. Namun kendalanya saat itu umat manusia sudah benar- benar punah. Sehingga untuk bisa mendatangi anak- anak, mereka mengembangkan teknologi mesin waktu yang dikemas dengan bentuk pintu. Beberapa monster terlatihpun direkrut untuk mendapatkan energi ketakutan anak- anak tersebut.

Dikarenakan takut adanya perubahan masa depan (yang mungkin saja menghilangkan eksistensi para monster) jika terlalu banyak berinteraksi dengan manusia, maka itu para petinggi- petinggi membuat isu kalau anak- anak itu beracun dan berbahaya. Sehingga para monster tidak mau berlama- lama saat mengumpulkan ketakutan anak- anak.

ev_monu2

Dikarenakan semakin jauh time traveling yang dilakukan membutuhkan semakin banyak energi, maka masa lalu yang bisa didatangi berbanding lurus dengan timeline Monsters Inc. Misalnya detik ini para monster masuk ke satu masa lalu lewat pintu mesin waktu tersebut. 1 jam kemudian ketika mereka masuk pintu lagi akan menuju 1 jam setelah masa lalu yang mereka datangi 1 jam sebelumnya.

Karakter Sully digambarkan berteman dengan seorang anak kecil bernama Boo. Namun dikarenakan larangan merekapun akhirnya berpisah. Meskipun sempat saling mengunjungi beberapa saat, namun diyakini di masa depan ada satu kebijakan untuk tidak menggunakan pintu waktu demi penghematan energi. Sehingga Boo yang sudah memiliki ikatan emosional dengan Sully, yang dipanggil “Kitty”, mulai merasakan kehilangan.

Diapun menjadi sangat terobsesi untuk menemukan Kitty-nya. Diapun mengejar mimpinya dan kemudian menjadi……

Witch 1

Yup! Dia adalah penyihir yang ditemui oleh Merida di film Brave.

Boo yang pada satu titik tidak lagi dikunjungi Kitty menemukan cara untuk menggunakan pintu tersebut. Atau mungkin sebelum adanya larangan penghentian pintu, Sully telah meninggalkan pintu yang sama dengan maksud agar Boo bisa berpergian ke masanya, namun entah satu lain hal, Boo tidak tahu di masa mana Sully berada.

Boo pun kemudian pindah ke masa kegelapan untuk mempelajari ilmu sihir demi mencari Kitty.

Maka ketika Merida membuka pintu setelah ditutup oleh si penyihir lalu tiba- tiba penyihir tersebut tidak ada itu dikarenakan pintu yang digunakan itu adalah pintu yang sejenis dengan yang digunakan para monster untuk menyeberang waktu.

Beberapa hint bahwa si penyihir adalah Boo antara lain:

Ukiran berbentuk Sully di rumah si penyihir.

659653-78400cc2-ecf7-11e2-a799-ec5c9dace08a

Pahatan trailer Pizza Planet. Yang tidak mungkin ditemukan pada masa kegelapan. Pada satu titik, Boo pernah melihat trailer tersebut dan memahatnya.

Brave-Witch

Obsesi si penyihir terhadap beruang. Boo yang masih kecil mempercayai bahwa Kitty adalah seekor beruang karena memang secara fisik mirip. Maka itu dia mempunyai sihir untuk bisa merubah manusia menjadi beruang.

Witch_with_Carved_Box

pixar

Based on this theory, kita berasumsi bahwa keseluruhan timeline universe Pixar dimulai dari cinta seorang anak kecil polos terhadap sahabatnya yang baik hati. Meskipun memiliki fisik yang seram. Inilah yang menyebabkan mengapa film- film Pixar sangatlah hangat di hati.

Sayapun pribadi jadi membayangkan kira- kira koneksi apalagi yang akan terjadi ketika Pixar merilis film- film barunya. Fyi, Pixar setidaknya telah mempersiapkan 3 buah film; Finding Dory, The Good Dinosaur, dan Inside Out. (dnf).

large

 

 

53 Shares