0 Shares

Bukan. Ini bukan artikel untuk membahas tentang serial thriller yang sudah memasuki musim ketiga. The Black List di sini adalah hasil survey tahunan atas naskah- naskah favorit Hollywood yang belum pernah difilmkan yang mulai diadakan tahun 2005. Dan biasanya diumumkan di minggu kedua oleh Franklin Leonard, yang sempat bekerja di Universal Pictures dan Overbrook Entertainment.

3d51570

Menurut Leonard, naskah yang masuk ke dalam The Black List tahunnya bukanlah naskah terbaik, hanya saja naskah yang paling favorit hasil dari pooling beberapa pihak, termasuk dari pihak studio- studio besar. Tidak sedikit naskah tersebut yang di kemudian hari dibeli dan dijadikan film panjang. Beberapa film terkenal yang berasal dari naskah The Black List antara lain: The Wolf of Wall Streets, Juno, Horrible Bosses, Wanted, Hanna, Lif of Pi, Hitchcock, Orphan, Inglorious Basterds, The Revenant, The Social Network, Argo, John Wick, The Impossible, Django Unchained, Dirty Grandpa, The Judge, Pan, dan Money Monster. Adapun beberapa film yang akan dirilis maupun sedang tahal pra maupun produksi antara lain; Miss Sloan, Stronger, A Monster Calls, dan Motorcade.

Selain itu tidak sedikit pula penulis- penulis naskah yang mendapatkan peruntungan bukan dari naskah The Black List-nya, namun dari di hire oleh studio besar untuk menangani naskah lain, sementara naskah yang masuk ke dalam jajaran The Black List-nya belum juga laku terjual. Di antaranya adalah Jim Rash dan Nat Faxon yang disewa untuk menangani naskah The Descendants. (dnf).

0 Shares