3 Shares

12495167_1150918968259775_3157031348727097134_n

“All I had was my boy… but he took him from me, you understand? He’s afraid. He knows how far I came to find him.”-Hugh Glass.

Pernah bergabung dalam sebuah kelompok yang memiliki minat dan tujuan serta visi yang sama? Ketika visi para anggotanya bersatu,tentu mereka akan mencari cara bagaimana untuk bertahan hidup. Namun terkadang, di antara para anggotanya, ada seseorang yang tidak menginginkan keberadaan salah satu dari rombongan tersebut bahkan berani melakukan tindakan yang cukup ekstrim yang berpotensi menghilangkan nyawanya.

 

the-revenant

Inilah film terbaru dari sutradara Alejandro Gonzalez Inarritu yang dalam The 87th Academy Awards berhasil membawa pulang 4 piala (Best Picture, Best Director, Best Original Screenplay dan Best Cinematography) lewat “Birdman or The Unexpected Virtue of Ignorance”. Kali ini Inarritu mengangkat bagian dari novel karangan Michael Punke yang berdasarkan kisah nyata “The Revenant” dengan mengamit Leonardo DiCaprio yang masuk di tahun keenamnya sebagai Academy Awards Nominee setelah berhasil meraih Golden Globe Awards kategori Best Actor in A Motion Picture-Drama dan juga Critics Choice Award 2016 kategori Best Actor. “The Revenant” juga dibintangi Tom Hardy, Will Poulter,Domhnall Gleeson,Forrest Goodluck,Paul Anderson,Grace Dove dan Brendan Fletcher. “The Revenant” juga meraih nominasi terbanyak dalam “The 88th Academy Awards” sebanyak 12 nominasi termasuk Best Picture,Director,Actor dan Supporting Actor.

1401x788-the-revenant-DF-02339R_rgb

1823. Sekelompok pemburu yang tergabung dalam aliansi The Rocky Mountain Fur Company yang terdiri dari Hugh Glass beserta anak laki-lakinya,Hawk, John Fitzgerald, Johnnie,Jones,Murphy, Jim Bridger serta Stabbie Bill dibawah pimpinan Andrew Henry yang tengah berburu di kawasan Louisiana Purchases (sekarang Dakota) dikejutkan dengan serangan dari para Indian suku Arikara. Alhasil, mereka panik namun Hugh Glass yang sudah berpengalaman meminta semua krunya meninggalkan kapal dan berjalan ke kawasan Fort Kiowa dengan berjalan kaki. Naas, Glass yang tengah berburu diserang seekor beruang dengan brutalnya sampai kondisinya sekarat. Hal ini menyebabkan perjalanan The Rocky Mountain Fur Company terhambat ditambah terbunuhnya anak laki-laki Glass menambah marah dan dendam di hati Glass yang terpaksa ditinggal hidup-hidup oleh rekan sesama pemburunya. Dari situ, Glass bergegas mengejar pelaku pembunuh anaknya.

the-revenant-review-2

Siapa yang membunuh Hawk?

Berhasilkah Glass menuntaskan dendamnya atas kematian Hawk?

REVIEW:

THE REVENANT Copyright © 2015 Twentieth Century Fox Film Corporation. All rights reserved. THE REVENANT Motion Picture Copyright © 2015 Regency Entertainment (USA), Inc. and Monarchy Enterprises S.a.r.l. All rights reserved.Not for sale or duplication.
THE REVENANT
Copyright © 2015 Twentieth Century Fox Film Corporation. All rights reserved. THE REVENANT Motion Picture Copyright © 2015 Regency Entertainment (USA), Inc. and Monarchy Enterprises S.a.r.l. All rights reserved.Not for sale or duplication.

Kombinasi Inarritu dan Lubezki sebagai sutradara dan sinematografer sudah tidak diragukan lagi. Pengambilan gambar “one  long take shot” yang diperlihatkan dalam “Birdman” adalah bukti sahihnya. Dan dalam “The Revenant”, Lubezki kembali membawa para penonton menyusuri daerah Amerika yang dingin dan bersalju dengan “one long shot take only” yang sudah menjadi spesialisasinya. Inarritu berhasil menyajikan sebuah kisah balas dendam tanpa ampun yang tersaji “dingin” dan “kejam” terlihat dari kerasnya adegan dalam film ini. Akting Leonardo DiCaprio sebagai Hugh Glass makin membuat kami berharap tahun ini menjadi tahun Oscar pertama sepanjang karir Hollywoodnya. Karakter Glass yang diperankan DiCaprio terlihat tegar,rapuh namun disisi lain memperlihatkan amarah yang “kasat mata” namun penonton dapat merasakan luapan emosi dari tatapan mata DiCaprio. Sebagai supporting cast, Tom Hardy yang memerankan sosok John Fitzgerald (maaf,brengsek :)) ) berhasil menunjukkan performa gemilangnya yang cukup membuat penonton merasa kesal dengan sikap dan cara berkata-katanya yang seolah tidak tahu tempat dan situasi. Bertindak semaunya dan enggan memikirkan nasib orang lain, Fitzgerald yang diperankan Hardy bisa jadi akan membekas di benak penonton sebagai salah satu tokoh yang bertolak belakang dengan aslinya yang cukup mengesankan aktingnya.

tr3

Music yang dikemas dengan apik oleh Ryuichi Sakamoto dan Alva Noto semakin menambah dramatis dan pilunya penonton melihat kegigihan Glass menembus gurun bersalju yang “dingin”.

2CE8222600000578-3253718-image-a-1_1443549144523

Alhasil, dinginnya gurun bersalju dalam “The Revenant” ditambah “dingin”nya aksi balas dendam yang tersaji dengan brutal dan tanpa ampun ini makin memantapkan penonton untuk setuju dengan kami mengatakan “GIVE LEO HIS FIRST OSCAR” !

4,5/5

 

 

 

3 Shares