9 Shares

DSCF3948crop

Bertepat di Gedung Kesenian Jakarta, Pasar Baru pada hari Jumat, 11 September 2015, diadakanlah sebuah acara untuk mengenang seorang aktor besar yang cukup berpengaruh di industri perfilman, Almarhum Didi Petet. Acara yang diprakarsai oleh Look.inc ini dilakukan secara tertutup hanya untuk undangan saja. Beberapa wajah terkenal nampak hadir di acara yang juga diselenggarakan sekaligus untuk mengenang 100 hari kepergian Almarhum yang bertepatan pada tanggal 23 Agustus 205 kemarin. Beberapa di antaranya adalah aktris senior Jajang C. Noer, aktor kocak Epy Kusnandar, aktor watak Teuku Rifnu Wikana, praktisi pantomim Yayu Unru, dan aktor serta murid almarhum, Boy Idrus.

DSCF3954crop

Acara ini diisi dengan pagelaran- pagelaran seni di antaranya ada operet, pantomim, serta seni musik yang dibawakan oleh murid- murid serta sahabat- sahabat almarhum. Tidak luput pula 3 anak almarhum, Getar Jagatraya, Nabila Masyiana, dan Muhammad Batara Irjago diajak ikut serta mengisi acara tersebut. Beberapa rekan serta sahabat almarhum juga memberikan testimoni tentang kenangannya bersamanya. Meskipun acara ini diiringi suasana sendu dan haru yang cukup mendalam, namun beberapa segmen acara sempat membuat suasana riang. Di antaranya dibawakan oleh murid- murid seni peran almarhum dan stand up yang dilakukan oleh Epy Kusnandar.

DSCF3956crop

Almarhum Didi Petet memulai karirnya di industri hiburan lewat film Semua Karena Ginah, namun mulai dikenal secara luas lewat peran Emon dalam Catatan Si Boy 2 tahun kemudian. Selama karirnya, almarhum Didi Petet telah memerankan beberapa peran ikonik yang cukup melekat, di antaranya adalah Si Kabayan, Om Pasikom, dan Kang Bahar, yang merupakan peran ikonik terakhirnya dalam sinetron Preman Pensiun. Meskipun lebih dikenal sebagai aktor, namun almarhum juga memiliki kecintaan terhadap dunia pantomim. Bersama sahabatnya, almarhum Sena A. Utoyo, almarhum Didi Petet mendirikan Sena Didi Mime, untuk mendidik dan menelurkan praktisi- praktisi pantomim Indonesia. Di antaranya yang sudah terkenal dan memiliki prestasi adalah Yayu Unru. Almarhum juga sempat mengajar di beberapa sekolah, seperti Institut Kesenian Jakarta dan Didi Petet Acting School. Almarhum juga dikenal dengan kecintaannya terhadap Indonesia. Dibuktikan dengan kesibukannya sebagai ketua Koperasi Pelestari Budaya Indonesia dan penanggung jawab booth Indonesia di Pameran World Expo Milano. (dnf)

 

9 Shares